Lensa Jogja

Satu Rumah Roboh Akibat Cuaca Ekstrem di Bantul, Kerugian Mencapai Rp300 Juta

Hujan deras yang mengguyur wilayah Bantul, Yogyakarta, pada Senin (26/12) malam,  menyebabkan sebuah bangunan rumah di Dusun Gonjen, Kasihan, Bantul rusak berat.

Derasnya debit air yang mengalir di bawah bangunan, menggerus pondasi rumah yang berada tepat di tebing setinggi tujuh meter dan menyebabkan longsor yang merobohkan hampir seluruh bagian rumah.

Sejurus kemudian, warga dibantu relawan dan aparat TNI-Polri terpaksa mengevakuasi perabot rumah tangga, serta barang-barang milik indra fajar, sang pemilik rumah.

Kerusakan yang terjadi, hanya menyisakan bagian muka bangunan yang masih terlihat utuh. Untuk sementara waktu, pemilik rumah terpaksa mengungsi di rumah tetangga.

“Ya berpikir lagi mau gimana-gimana, udah ngga bisa digunakan (rumah),” kata Indra Fajar.

Tindakan sementara dari pemerintah setempat akan melakukan assessment, serta melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait, untuk mitigasi bencana dan penanganan korban.

“Nanti akan kita koordinasikan karena ini rumah tidak bisa dihuni lagi dan sangat membahayakan,” kata Subarta, Panewu Kasihan

Kendati tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai lebih dari Rp300 juta .

Rencananya, penanganan kejadian tersebut akan dilakukan pembongkaran bangunan sepenuhnya, yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul. (JACK/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *