HeadlineLensa Terkini

Helikopter Polisi Hilang Kontak di Bangka Belitung, Angkut 4 Orang Kru

Helikopter 105/P-1103 milik Korps Polairud Baharkam Polri dilaporkan hilang kontak dan diduga jatuh di wilayah perairan Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung, pada Minggu (27/11) siang.

Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Ahmad Ramdhan menyampaikan bahwa terdapat empat kru di helikopter yang hilang kontak tersebut. Dia belum memastikan apakah pesawat terjatuh atau ada penyebab lainnya.

“Jadi pesawat tersebut datanya NB0105/P1103. Pesawat tersebut kondisinya layak terbang dan dengan kru ada empat orang,” ucap Ahmad dalam sebuah keterangan.

Dia meminta agar publik tak menyimpulkan pesawat tersebut jatuh atau lainnya karena sampai saat ini, Polri masih menyelidiki kasus tersebut.

“Jadi jangan bilang hilangnya pesawat helikopter atau jatuhnya apalagi. Terlalu dini menyimpulkan itu, dan belum ada yang menyampaikan itu,” katanya.

Ramadhan juga mengungkapkan, Korpolairud Baharkam Polri hingga Polda Babel akan diterjunkan untuk melakukan pencarian.

“Akan dilakukan upaya pencarian oleh Korpolairud Baharkam Polri, Polda Babel serta instansi terkait,” katanya.

Sementara itu, Ramadhan menjelaskan sebetulnya ada dua helikopter yang melakukan penerbangan. Selain helikopter 105/P-1103, terdapat satu unit yang juga terbang yaitu helikopter 105/P-1113. Menurut Ramadhan, kedua helikopter itu terbang saat cuaca sedang buruk.

“Pada saat terjadi cuaca buruk, kapten pilot P-1113 melakukan penerbangan di ketinggian 5.000. Sedangkan pilot P-1103 turun ke 3.500,” jelas Ramadhan.

Ramadhan menjelaskan, pada saat cuaca buruk itu, pilot P-1113 berusaha untuk menghubungi kru dari helikopter P-1103, melalui frekuensi radio helikopter. Namun, tidak ada jawaban.

Kemudian, pada pukul 14.24 WIB, pilot P-1113 telah landing di tujuan dan melakukan pengecekan di tower, tetapi juga tidak ada jawaban dari helikopter 105/P-1103.

Ramadhan mengatakan, kondisi kedua helikopter tersebut layak pakai atau siap terbang. (SC/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *