Lensa Lifestyle

7 Masker Bahan Alami yang Sangat Berguna untuk Perawatan Wajah

Masker wajah alami bisa jadi alternatif untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Untuk membuatnya hanya dibutuhkan beberapa bahan yang sering dijumpai.

Masker alami ini tentunya tidak mengandung bahan kimia yang dapat berbahaya bagi jenis kulit tertentu dan bisa digunakan baik oleh remaja maupun dewasa. Namun demikian, pastikan untuk melakukan tes pada kulit terlebih dahulu sebelum mengoleskan masker secara menyeluruh pada area wajah.

Berikut macam-macam masker wajah alami yang bisa menjadi rekomendasi.

1. Bengkuang

Tidak hanya baik untuk kesehatan, bengkuang pun dapat menunjang penampilan. Kandungan antioksidan, vitamin E, selenium, dan beta karoten yang cukup tinggi pada bengkuang dapat membantu menyehatkan kulit.

Adapun manfaat kecantikan yang bisa didapat dari bengkuang, di antaranya kulit tampak lebih cerah, mencegah penuaan dini, menghilangkan jerawat dan bekasnya, melembapkan kulit, melenyapkan flek hitam, dan mengontrol minyak pada wajah. Untuk memperoleh manfaat tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat masker bengkuang.

Adapun bahan yang dibutuhkan, yakni bengkuang, mangkuk, parutan, dan kuas. Pertama-tama, kupas dan cuci bengkuang hingga bersih. Parut habis bengkoang dan peras airnya, pisahkan di wadah yang berbeda. Oleskan menggunakan kuas ke area wajah secara merata.

Diamkan masker bengkuang selama kurang lebih 15 menit. kemudian, bilas dengan air dingin. Gunakan ampas bengkuang sebagai scrub untuk membantu mengangkat sel kulit mati agar wajah lebih cerah dan bersinar.

Pijat-pijat selama membalurkan scrub ke wajah selama satu menit. Lalu, bilas dengan air bersih. Setelah wajah bersih, gunakan pelembap untuk mengikat nutrisi pada kulit dan supaya manfaat yang dihasilkan tidak sia-sia. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini sebanyak tiga kali seminggu.

2. Tomat

Kandungan vitamin C pada buah tomat dapat memutihkan kulit wajah secara alami. Berdasarkan FoodData Central, dalam 100 gram tomat, terdapat 13.7 mg vitamin C. Ketika dioleskan, vitamin C mempercepat produksi kolagen yang membantu menjaga kulit tetap kenyal dan kencang, serta menghambat produksi melanin di kulit.

Untuk membuat masker tomat, campurkan ½ buah tomat matang dengan 1 sendok makan madu. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Kemudian cuci wajah dengan air dingin dan keringkan dengan handuk bersih.

3. Lemon

Masker wajah alami dari lemon dapat mengatasi jerawat hingga bekasnya, mencerahkan kulit, membasmi komedo, menghaluskan kulit, mencegah penuaan dini, hingga mencerahkan warna bibir.

Untuk membuat masker lemon, dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan campuran madu.

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk membuat masker lemon dan madu, pertama-tama peras lemon kemudian masukkan setengah sendok makan air lemon ke dalam mangkuk. Tambahkan madu sekitar 1 sdt. Aduk madu dan air lemon sampai tercampur. Oleskan pada wajah dan tunggu sampai kering. Bilas dengan menggunakan air bersih.

4. Oatmeal

Selain dikonsumsi, oatmeal bisa digunakan untuk perawatan kecantikan yang dapat mengeksfoliasi sel-sel kulit mati dan membuat wajah menjadi cerah dan halus. Masker ini cocok untuk remaja aktif yang kerap memiliki masalah kulit kusam atau penyumbatan pori-pori.

Untuk membuatnya, campurkan oatmeal dengan air hangat ke dalam mangkuk, aduk hingga menyerupai krim. Jika sudah agak dingin, oleskan oatmeal pada area wajah, diamkan selama sekitar 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya diketahui memiliki kandungan aloesin yang dapat menghambat pembentukan melanin dalam kulit. Lidah buaya sudah sejak lama digunakan sebagai bahan dalam produk kecantikan karena dipercaya dapat melembapkan dan mencerahkan kulit.

Untuk memperoleh manfaat tersebut bisa didapat melalui tanaman lidah buaya secara langsung atau menggunakan produk gel aloe vera. Caranya, oleskan gel secukupnya pada wajah, diamkan 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih.

6. Pepaya

Pepaya sejauh ini dikenal sebagai buah yang baik untuk pencernaan. Namun siapa sangka buah yang banyak mengandung vitamin dan mineral ini juga baik untuk kesehatan kulit wajah. Pepaya memiliki kandungan enzim papain dan chymopapain, yang dapat mencegah kerusakan kulit dan berperan sebagai anti bakteri.

Selain itu, pepaya memiliki kandungan nutrisi dan vitamin lainnya seperti vitamin A, C, asam pantotenat, folat, tembaga, magnesium, dan kalium yang dapat mencerahkan wajah secara alami.

7. Madu

Sudah bukan rahasia kalau madu memiliki segudang manfaat, salah satunya sebagai bahan alami perawatan kecantikan. Cairan kental yang dihasilkan oleh lebah ini, mampu menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab kusam.

Untuk memperoleh hasil yang lebih masksimal, gunakan madu jenis manuka atau madu mentah yang tidak dipasteurisasi. Kemudian, campurkan madu dengan beberapa tetes air agar teksturnya tidak lengket.

Selanjutnya, oleskan masker wajah alami tersebut pada permukaan kulit wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.

Itulah tujuh bahan masker wajah alami yang bisa kamu coba. Berbagai masker alami ini sangat mudah dibuat dan pastinya aman untuk kulit wajah. Selamat mencoba tips ini ya, Sobat Lensa! (RDM/L44)

Share

One thought on “7 Masker Bahan Alami yang Sangat Berguna untuk Perawatan Wajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *