HeadlineLensa Terkini

Iriana Jokowi dan Madam Peng Liyuan Bertukar Cinderamata Sebagai Tanda Kasih

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertemu dengan Ibu Negara Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Madam Peng Liyuan di Hotel The Apurva Kempinski, Bali, untuk bertukar cendera mata berupa alat musik tradisional masing-masing negara pada Rabu, 16 November 2022.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Iriana memberikan Madam Peng alat musik Sasando, yang berasal dari Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Sedangkan Peng memberikan cinderamata kepada Iriana berupa 阮 (ruan), yang merupakan alat musik petik tradisional dari Tiongkok.

Madam Peng tiba sekitar pukul 17.45 WITA dan langsung disambut oleh Iriana di lobi kedatangan. Keduanya kemudian bersama-sama menyusuri selasar hotel diiringi dengan alunan musik gamelan Bali. Di pendopo hotel, Iriana dan Peng kemudian melakukan sesi foto bersama.

Setelah itu, Iriana mengajak Peng untuk melihat sejumlah kerajinan tangan khas Bali, mulai dari kain tenun endek, kerajinan emas dan perak, hingga patung pahat kayu. Pertemuan Iriana dan Peng pun diakhiri dengan jamuan minum teh bersama yang digelar di Ruang Kashi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping, usai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Dalam pertemuan ini, Jokowi menyebut Xi Jinping dengan sebutan kakak besar.

“Selamat datang di Bali Presiden Xi Jinping. Saya senang sekali dapat menyambut kakak besar di Bali setelah pertemuan kita di Beijing,” kata Jokowi, dikutip pada Kamis (17/11).

Kedekatan Iriana Joko Widodo dengan Madam Peng Liyuan, istri Presiden Xi Jinping, sudah terlihat sebelumnya saat Iriana berkunjung ke Villa 15, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), pada 26 Juli 2022 lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Iriana menyampaikan undangan kepada Madam Peng Liyuan untuk hadir pada KTT G20 di Bali.

Tak hanya dengan Madam Peng Liyuan, Ibu Iriana juga melakukan pertemuan dengan para pendamping pemimpin negara-negara G20 lainnya dan lembaga internasional, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort.

Selama pertemuan berlangsung, Ibu Iriana mengajak para pendamping untuk melihat pameran produk anyaman dan sejumlah produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari berbagai daerah di Indonesia.

Adapun para pendamping kepala negara yang tampak hadir di antaranya adalah pendamping Presiden Spanyol Madam Maria Begona Gomez Fernandez, pendamping Presiden Turki Madam Emine Erdogan, pendamping Perdana Menteri Jepang Madam Yuko Kishida, pendamping Presiden Komisi Eropa Heiko Von Der Leyen, pendamping Presiden Republik Korea Madam Kim Keon-hee, dan pastinya pendamping Presiden Republik Rakyat Tiongkok Madam Peng Liyuan.

Atas kedatangan mereka, Iriana mengucapkan selamat datang ke Indonesia kepada para tamu undangannya.

“Saya bahagia menyambut kehadiran Ibu dan Bapak di Pulau Bali, dan saya ingin mengajak Bapak Ibu merasakan kearifan lokal dari Indonesia,” ujar Ibu Negara RI Iriana Joko Widodo. (RDM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *