Lensa MancaLensa Olahraga

Waspada Suhu Ekstrem, Qatar Pasang AC Raksasa di Stadion Piala Dunia 2022

Qatar selaku tuan rumah Piala Dunia 2022 mendatang, dikabarkan bakal menyediakan sistem pendingin raksasa di Stadion. Hal ini dilakukan, lantaran kompetisi empat tahunan kali ini akan diselenggarakan di daerah tandus dan panas.

Dilansir dari The Verge, Jumat (11/22), seharusnya Piala Dunia 2022 digelar pada bulan Juni hingga Juli. Akan tetapi, karena suhu di Qatar mencapai 42 derajat celcius, akhirnya dipindah ke akhir tahun.

Suhu Qatar saat Piala Dunia 2022 akhir tahun nanti, diperkirakan mencapai 24 derajat celcius. Meski demikian, Qatar sebagai tuan rumah tetap mempersiapkan AC raksasa di setiap stadion untuk mencegah adanya suhu ekstrem yang mungkin terjadi.

Sistem pendingin ini akan bekerja dengan adanya sinar matahari yang dikembangkan dengan adanya bantuan dari Qatar University. 

“Kami bukan hanya mendinginkan udara, tetapi juga membersihkannya. Kami memurnikan udara untuk penonton. Contohnya orang yang punya energi, tidak akan mengalami masalah di stadion,” ujar Dr. Saud Abdulaziz Abdul Ghani, profesor di College of Engineering saat wawancara dengan FIFA.

AC raksasa ini bertujuan agar udara semakin ramah bagi para penonton dan juga pemain selama pertandingan berlangsung.

Piala Dunia 2022 sendiri adalah sebuah kompetisi sepak bola pria internasional empat tahunan yang diikuti oleh tim nasional senior dari asosiasi anggota FIFA. Piala Dunia Qatar 2022 yang akan berlangsung pada 20 November sampai 18 Desember 2022 itu sekaligus menjadi yang pertama kalinya diadakan di teluk Arab. (RY/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *