Lensa Jogja

Kemenparekraf Targetkan 1,4 Miliar Kunjungan Wisata Nusantara pada 2023

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun 2023 telah menargetkan sebanyak 1,4 miliar pergerakan wisata nusantara. Oleh sebab itu, berbagai wilayah diharapkan mampu berbenah untuk memberikan pengalaman wisata yang berbeda dan menyiapkan kualitas internasional.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sleman pada pekan lalu. Dalam kunjungannya, Sandiaga menyapa warga Harjobinangun, Kapanewon, Pakem, Sleman, dengan melakukan sarasehan kepada puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM).

Tak hanya membahas UMKM, Sandiaga juga menyampaikan bahwa tahun ini pergerakan wisata telah menembus target yang melebihi angka sebelum masa pandemi. Sedangkan di tahun depan, Kemenparekraf juga telah menargetkan sebanyak 1,4 miliar pergerakan wisata nusantara.

Oleh sebab itu, beberapa wilayah harus menyiapkan destinasi-destinasi wisata baru dan akomodasi kerakyatan pariwisata berbasis masyarakat.

Selain itu, harus disiapkan pula fasilitas pendukung seperti homestay yang bertaraf internasional, untuk mendapatkan pengalaman wisata yang berbeda seperti ecotourism atau alam terbuka.

Untuk wisata Sleman sendiri, sudah terdapat beberapa lokasi wisata seperti Tebing Breksi, Desa Wisata Sambi, Pulesari, yang bertujuan agar tidak tersentra di satu titik wisata.

Tak hanya itu, ia pun menyinggung soal forum R-20 yang akan dilaksanakan di Bali pada 15 dan 16 November mendatang.

Forum tersebut akan menjadi sejarah baru, di mana Indonesia mampu menunjukkan toleransi beragama yang kuat. Pada kegiatan tersebut, akan mengundang pemimpin agama dunia yang harapannya juga bisa menikmati wisata religi  termasuk wisata halal.

Sehingga harapannya produsen produk halal bisa meningkat untuk mendapatkan layanan tambahan yang bernuansa pariwisata ramah muslim. (WS/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *