Lensa Manca

Tiba-tiba Lockdown, Ribuan Pengunjung Terkurung di Disneyland Shanghai China

Disneyland Shanghai memberlakukan lockdown secara tiba-tiba. Hal itu sontak membuat ribuan pengunjung tidak bisa keluar dari taman bermain tersebut karena terkena kebijakan nol-Covid yang ketat.

Melansir dari BBC, pada Rabu (2/11), pengunjung diminta tetap di dalam Disneyland dan tidak diizinkan keluar kecuali mereka bisa menunjukkan hasil tes negatif Covid.

Disneyland Shanghai diketahui lockdown pada Senin (31/10), setelah otoritas Shanghai melaporkan ada temuan 10 kasus Covid-19 yang ditularkan secara lokal pada Sabtu (29/10) sebelumnya.

Kebijakan nol-Covid-19 China yang kontroversial ini telah membuat jutaan orang berulang kali dikurung dalam satu tempat, terkadang bahkan di lokasi yang tidak biasa.

Penguncian yang tiba-tiba pun telah membuat orang-orang melarikan diri dari suatu lokasi, termasuk tempat kerja ketika mereka mencoba untuk menghindari terjebak di dalamnya.

Untungnya, orang-orang yang terjebak Disneyland Shanghai ini merasa terhibur walaupun terperangkap di dalam. Mereka tetap bisa mencoba berbagai arena permainan dan wahana terus beroperasi bagi mereka yang terjebak di dalam ‘The Happiest Place on Earth’.

Dari video yang diunggah di media sosial China, Weibo, menunjukkan para pengunjung bergegas ke gerbang Disneyland setelah lockdown diumumkan, namun gerbang telah tertutup.

Pemerintah Shanghai menyampaikan, pihak Disneyland melarang orang-orang masuk dan mereka yang masih di dalam hanya bisa keluar jika menyerahkan hasil tes negatif Covid.

Siapapun yang mengunjungi taman tersebut sejak Kamis harus menyerahkan tiga hasil tes negatif selama tiga hari berturut-turut.

Tidak ada informasi tanggal yang diberikan kapan taman akan dibuka kembali. Disneyland Shanghai mengatakan, tiket akan berlaku selama enam bulan dan pengembalian uang akan diberikan.

Penutupan cepat terjadi hanya dua hari setelah taman mulai beroperasi dengan kapasitas yang dikurangi untuk mematuhi langkah-langkah Covid-19.

Ini bukan pertama kalinya Disneyland Shanghai tiba-tiba ditutup. Pada November tahun lalu, 30.000 orang terjebak di dalam setelah pihak berwenang memerintahkan semua orang untuk diuji sebagai bagian dari pelacakan kontak. (SC/L44) edited

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *