HeadlineLensa Terkini

Filep Karma, Aktivis Kemerdekaan Papua, Ditemukan Tewas di Pantai Jayapura

Aktivis kemerdekaan Papua, Filep Karma, ditemukan meninggal dunia di bibir pantai kawasan Jayapura, pada Selasa (1/11) pagi.

Ketua Komnas HAM Papua Frits Ramandey mengungkapkan pria bernama lengkap Filep Samuel Jacob Karma itu ditemukan meninggal dunia usai menyelam dan terbawa arus di pantai daerah Jayapura.

“Kejadiannya di pantai, di daerah jayapura. Dugaan awal dia lagi menyelam terbawa arus,” kata Frits dalam keterangannya.

Meski demikian, Frits mengaku masih mendalami penyebab kematian Filep Karma karena saat ditemukan kondisi tubuh Filep sudah bengkak.

Sementara itu, Kapolsek Jayapura Utara Ajun Komsaris Yahya Rumra membenarkan penemuan jenazah Filep Karman tersebut. Ia mengatakan, petugas saat ini masih menunggu konfirmasi dari keluarga Filep.

“Memang benar ada jenazah yang ditemukan warga di Pantai Base G yang diduga Filep Karma. Namun untuk memastikan masih menunggu konfirmasi keluarganya,”  kata Yahya.

Jenazah Filep saat ini berada di RS Bhayangkara Jayapura untuk tindakan autopsi.

Diketahui, Filep sendiri merupakan tokoh pejuang kemerdekaan Papua. Dia sempat memimpin pengibaran bendera Bintang Kejora di Biak pada 1998  silam dan akhirnya dipenjara. Namun, dua tahun kemudian dia dibebaskan.

Pada 2004, dia kembali melakukan aksi serupa sehingga dituduh makar. Ia dituduh berkhianat setelah menggelar peringatan kemerdekaan pada 1 Desember 2004. Filep dihukum 15 tahun penjara, namun akhirnya dibebaskan pada 19 November 2015.

Kebebasan Filep tahun itu setelah mendapat remisi dari pemerintahan Joko Widodo, yang sebetulnya sempat ia tolak.

Dia juga sempat mengkritik pemerintahan Jokowi karena dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Papua semakin memburuk.

Padahal, Jokowi pernah berjanji agar Papua menjadi tanah yang damai saat memberikan sambutan di acara Natal Bersama Nasional di Jayapura pada Desember 2014, dua bulan setelah dia dilantik sebagai Presiden. (SC/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *