Lensa Jogja

Tebing 15 Meter Longsor Terjang Rumah di Kulon Progo

Tebing setinggi 15 meter dengan lebar 5 meter di Padukuhan Durensawit, Banjaroya, Kalibawang, longsor setelah diguyur hujan lebat sejak Selasa (11/10) sore. Material longsor itu langsung menerjang rumah milik Asmo Suwito yang dihuni empat orang.

Sebelum kejadian, salah satu penghuni rumah sempat melakukan pengecekan ke tebing yang berada di atas rumah mereka. Namun, tak berselang lama tebing longsor dan seketika menghantam rumah.

Sebanyak tiga orang yang masih berada di dalam rumah sempat terjebak dan tertimpa reruntuhan. Meskipun demikian, akhirnya mereka berhasil menyelamatkan diri.

Mereka pun langsung mengungsi ke rumah tetangga mengingat kondisi rumah yang rusak berat dan tidak dapat ditempati.

“Kan saya ngecek kan saya ke tempat atas itu. Ketiga kalinya saya ngecek terus pulang ke sini, terus sampai sini sudah seperti ini (rusak berat),” jelas Andres Juniarto, salah satu penghuni rumah, Kamis (13/10).

Upaya pembersihan material longsor kemudian dilakukan secara swadaya oleh warga setempat. Sejumlah akses jalan menuju desa juga ikut tertutup longsor dan membuat petugas kesulitan menjangkau wilayah tersebut.

“Sampai saat ini belum ada bantuan, cuma dari warga masyarakat dari Padukuhan selaku jaga warga. Baru ada sekadar untuk gula teh, untuk beli minum,” jelas Suprat Rusdiyantoro, Ketua RT 52.

Sedikitnya, tiga rumah warga rusak akibat longsor yang terjadi Selasa sore lalu. Selain menerjang rumah, longsor juga terjadi di sepuluh titik serta menutup aliran sungai dan akses jalan dari Padukuhan Durensawit menuju Magelang atau Desa Banjaroya. (SA/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *