Lensa Jogja

Tanggulangi Sampah, Kulon Progo Kreasikan Barang Bekas Dalam Grebeg Sampah

Dalam rangka mengkampanyekan kabupaten bebas sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo, DIY menggelar Grebeg Sampah. Kegiatan ini dilaksanakan melalui pembuatan kreasi kostum dari barang bekas dengan dibalut kesenian daerah sehingga mampu menarik perhatian warga yang hadir.

Kampanye Grebeg Sampah ini diadakan dengan acara kirab di kawasan Brosot, Galur, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Berbagai kreasi menggunakan barang bekas yang disulap menjadi aneka kostum unik dan menjadi pemandangan menarik tersendiri.

Bukan hanya dikirab, kostum yang digunakan juga ditampilkan dengan pertunjukan seni daerah seperti jathilan dan reog. Selain itu, juga ada gunungan dari sampah plastik yang berisi pamflet imbauan tentang pengelolaan sampah. Ini bisa menjadi sarana edukasi bagi warga bagaimana mengelola sampah dengan benar.

Hasil kreatifitas peserta ini menjadi bukti bahwa sampah yang biasanya dibuang bisa menghasilkan suatu karya yang menarik dan berguna.

“Gimana sampah itu menjadi sebuah ikon yang bisa menjadikan sebuah usaha, usaha yang menjadikan tabungan untuk masa depan mereka, dalam artian anak-anak bisa menabung dari usia dini. Dan mereka biar tahu akan budaya mereka, seni Jawa mereka biar mereka juga tahu,” tutur Arisdwiyanto, salah satu peserta.

Diharapkannya dengan adanya kegiatan seperti ini, masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan dan menjaga kelestarian lingkungan dengan cara mendaur ulang sampah. (HR/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *