Uncategorized

Curug Tegalrejo, Hidden Gem di Yogyakarta yang Jarang Terjamah Wisatawan

Wisata di Yogyakarta tidak hanya Malioboro, Prambanan, dan Pantai Parangtrrtis saja, lho. Sahabat wajib tahu wisata ‘mblusuk’ yang ada di Jogja dan cocok banget bagi yang hobi blusukan atau menjelajah dengan gaya ala Backpacker.

Soal wisata dengan nuansa blusukan, Jogja punya banyak sekali wisata tersembunyi yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah Curug Indah Tegalrejo. Curug Indah Tegalrejo ini juga biasa disebut Curug Bayat. Karena, Air terjun ini berada di perbatasan Gunungkidul dan Klaten, tepatnya di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY.

Lokasi Curug ini berada di alam terbuka yang begitu segar dan asri. Di sekitar curug juga tertanam pepohonan hijau yang semakin menyejukkan mata.

Salah satu hal yang menarik dari Curug Tegalrejo ini adalah air terjunnya yang bertingkat. Setiap tingkatan curug ini memiliki ketinggian yang bervariasi. Melihat tingkatan-tingkatan Curug Indah ini, Sahabat akan semakin dibuat takjub akan keindahan alamnya.

Di bagian bawah curug pun terdapat kolam, yang dapat digunakan untuk berenang atau hanya berendam sambil merasakan kesejukkan alam terbuka.

Pemandangan di sekeliling curug ini sangat indah dengan aliran sungainya yang diapit dengan pepohonan yang hijau nan rindang. Di Curug Tegalrejo ini sahabat dapat bermain air, berendam di kolam air yang tidak terlalu dalam dan juga mengambil foto dengan latar belakang air terjun yang indah.

Air terjun ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk hunting foto prewedding, karena pemandangannya yang sangat indah.

Debit air yang ada di sini akan berubah sesuai dengan musim. Jika musim kemarau maka debit airnya akan sedikit atau menurun. Namun, jika musim penghujan sahabat akan melihat air terjun yang deras.

Para pengunjung curug ini kebanyakan masih dari masyarakat sekitar Kecamatan Bayat, seperti anak-anak kecil yang asik bermain air, meloncat dari bebatuan dan ada juga anak sekolah yang melepas penat di Curug Tegalrejo ini.

Udara sejuk, segar dan juga air yang bening di Curug Tegalrejo ini, akan membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama singgah disini.

Untuk saat ini, tempat wisata ini masih dikelola oleh masyarakat setempat dan beberapa pemuda dari karang taruna. Untuk memasuki curug ini, wisatawan tidak dikenakan biaya masuk alias gratis.

Namun wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan bermobil.

Meski berada di Provinsi Yogyakarta, untuk menuju ke Curug Indah memang lebih dekat dan cepat melewati Klaten. Dari Klaten, sahabat dapat melaju ke arah Selatan dan menempuh jarak sekitar 10 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 21 menit. (SC/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *