Lensa Kuliner

Tahok, Kuliner Tionghoa yang Menghangatkan Tubuh

Sahabat lensa44 pernah mencicipi Tahok? Kuliner ini memang sudah jarang ditemukan. Sekilas, makanan ini berbentuk seperti bubur sumsum. Tahok merupakan jajanan khas Solo yang bisa membuat badan terasa hangat saat memakannya.

Tahok merupakan makanan yang terbuat dari kacang kedelai. Teksturnya lembut dan berwarna putih bersih. Di atasnya, Tahok disiram dengan kuah dan campuran gula merah, jahe, daun pandan serta sereh. Perpaduan ini, menghasilkan cita rasa yang sangat menarik dan bisa membuat siapa saja yang memakannya merasa hangat.

Sebenarnya, Tahok merupakan makanan tradisional yang berasal dari Tionghoa. Makanan ini dibawa oleh pendatang dari Tionghoa yang kemudian menetap di Pasar Gede, Solo. Tahok sendiri berasal dari kata ‘Tahoa’. Tao artinya kacang kedelai, sedangkan hoa berarti lumat. Jadi, Tahoa adalah kacang kedelai yang dilumatkan.

Selain rasanya yang enak, Tahok ini ternyata juga mempunyai banyak manfaat. Salah satunya, Tahok dipercaya bisa menyembuhkan masuk angin serta beberapa penyakit lainnya. Waktu paling tepat untuk menyantap Tahok, yaitu ketika sedang hujan karena saat itu badan yang terasa dingin bisa menjadi hangat.

Harga Tahok pun tidak terlalu mahal. Harganya dijual sekitar Rp7.000. Penasaran dengan Tahok? Kalau berkunjung ke Solo, sahabat lensa44 akan menemukannya di beberapa pasar tradisional. (YM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *