Lensa Jogja

Angin Kencang, Puluhan Rumah di Bantul Rusak Tertimpa Pohon

Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Rabu (27/4) petang, mengakibatkan sebuah pohon munggur berukuran besar setinggi hampir 15 meter, ambruk dan rumah milik Mugiyono, warga Dusun Jogodayoh, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul.

Beruntungnya,  pemilik rumah saat itu tengah berada di halaman depan, bersama cucunya sedang mengangkat jemuran.

Besarnya diameter pohon yang tumbang, menimpa bangunan teras rumah hingga rata tanah, serta merusak sebagian atap bangunan utama.

Puluhan relawan lintas komunitas langsung turun ke lapangan, guna melakukan upaya evakuasi batang pohon dan reruntuhan bangunan, dengan dibantu oleh anggota TNI-Polri dan warga.

Selain mengerahkan relawan, pemerintah desa juga berupaya memanfaatkan anggaran dana desa, untuk dialokasikan sebagian guna membantu korban bencana.

Selain rumah Mugiyono, setidaknya ada 33 titik yang juga terdampak di Desa Sumbermulyo, yang mengalami kejadian serupa. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Kejadian pohon tumbang ini, memang bukan kali pertama terjadi di wilayah Kabupaten Bantul. Oleh karenanya, masyarakat diimbau untuk tetap waspada utamanya yang tinggal di sekitar pohon besar, untuk segera melakukan upaya mitigasi guna meminimaliasir resiko bencana. (JACK/L44).

Share

One thought on “Angin Kencang, Puluhan Rumah di Bantul Rusak Tertimpa Pohon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *