Lensa Kuliner

Ampyang, Si Manis nan Gurih yang Bertabur Kacang dari Yogyakarta

Yogyakarta merupakan salah satu wilayah di Indonesia, yang memiliki banyak ragam jajanan tradisional. Dari banyaknya jajanan, hampir semuanya memiliki cita rasa yang manis dan gurih.

Salah satu jajanan tradisional yang memiliki campuran kedua cita rasa tersebut adalah ampyang gula kacang.

Jajanan berbentuk bulat kecokelatan dengan rasa manis nan gurih ini, memiliki banyak taburan kacang tanah di dalamnya.

Hampir mirip dengan rempeyek kacang, hanya saja, ampyang tidak menggunakan adonan yang terbuat dari tepung, melainkan gula jawa.

Sebenarnya jajanan ini tidak hanya berada di Yogyakarta, tapi juga dapat ditemukan di wilayah lain seperti Solo, Salatiga, dan kota lain di Jawa Tengah.

Konon, dasar penamaan ampyang ini, berasal dari masyarakat yang melihat bahwa anak-anak sangat suka dengan makanan manis berbentuk rusak ini.

Ampyang sendiri dalam Bahasa Jawa, sering digunakan untuk menyebutkan jalanan yang berlubang atau berbatu dan juga tidak rata.

Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat ampyang pun sederhana, hanya membutuhkan kacang tanah sangrai, gula merah, gula pasir, garam dan secukupnya air.

Bagi sobat lensa yang ingin mencicipi jajanan manis nan gurih ini, tidak perlu khawatir, ampyang sangat mudah ditemukan di pasar tradisional yang ada di Yogyakarta dan kota lain di Jawa Tengah.

Harga yang ditawarkan untuk satu wadah plastik ampyang pun lumayan terjangkau, hanya dengan Rp10.000, sobat lensa sudah bisa mendapatkannya.

So, tunggu apa lagi? Yuk beli ampyang gula kacang dan rasakan sendiri bagaimana cita rasa manis dari gula jawa, yang bertemu dengan rasa gurih dari kacang tanah yang ada di dalam ampyang! (YC/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *