Lensa Kuliner

Sensasi Gurih Nan Legit, Gethuk Goreng Khas Banyumas

Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan nama Gethuk. Kuliner yang satu ini sangat banyak ditemui disetiap wilayah di Indonesia. Namun, Gethuk Goreng sendiri merupakan hal asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Biasanya Gethuk adalah sajian yang diolah dengan cara dikukus, lalu diberi taburan parutan kelapa sebagai toppingnya. Tetapi di Banyumas sendiri, ada yang namanya Gethuk Goreng.

Proses pengolahan Gethuk Goreng hampir sama dengan gethuk-gethuk pada umumnya. Yang menjadi pembeda adalah Gethuk Goreng diproses dengan cara digoreng, sedangkan gethuk biasa tidak digoreng.

Gethuk Goreng terbuat dari bahan dasar singkong yang telah dikukus kemudian dihaluskan. Lalu diberikan campuran seperti gula aren, santan, tepung dan bahan pendukung lainnya. Kemudian adonan Gethuk dimasukkan kedalam minyak panas untuk digoreng.

Awal penemuan gethuk sendiri, bermula ketika masyarakat Indonesia sering menggunakan singkong, sebagai bahan pokok makanan sehari-hari. Lalu terbesit ide untuk mengkreasikan singkok menjadi berbagai makanan, termasuk gethuk.

Sedangkan Gethuk Goreng, bermula ketika dagangan gethuk seorang warga di Banyumas tidak laku. Gethuk yang biasa, mudah basi dan jualannya terbuang sia-sia. Maka dari itu, terbesitlah ide mengolah gethuk dengan cara digoreng agar lebih tahan lama.

Rasanya yang gurih dan legit, mampu membuat Gethuk Goreng menjadi jajanan favorit bagi masyarakat Banyumas, Jawa Tengah. Hingga sekarang Gethuk Goreng menjadi salah satu kuliner khas Banyumas. (AI/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *