Lensa Manca

Elon Musk Jadi Dewan Direksi Twitter

CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk, akan bergabung menjadi Dewan Direksi Twitter setelah memborong saham media sosial tersebut sebesar 9,2%. Hal tersebut disampaikan oleh CEO Twitter, Parag Awal, melalui tweetnya. Dalam kicauannya tersebut, ia mengaku akan membawa nilai besar pada perusahaannya. 

“saya senang untuk membagikan bahwa kami menunjuk @elonmusk sebagai dewan direksi. Melalui percakapan dengan Elon dalam beberapa minggu terakhir, menjadi jelas bagi kami bahwa dia akan  membawa nilai besar bagi Dewan kami,” kata Parag.

Dilansir dari CNBC International, Rabu (6/5), langkah Musk ini membuat harga saham media sosial tersebut naik hingga 27%, pada Selasa (05/04) lalu.  Langkah Musk membeli saham Twitter ini, menjadikannya investor luar dengan kepemilikan terbesar  pada perusahaan tersebut.

Diketahui, langkah besar ini Musk lakukan setelah kurang dua minggu yang lalu, Musk mengkritik perusahaan tersebut mengenai kurangnya kebebasan berpendapat.

“Mengingat Twitter berfungsi sebagai alun-alun kota publik secara de facto, gagal mematuhi prinsip-prinsip kebebasan berpendapat secara fundamental secara demokrasi,” ungkapnya melalui Twitternya.

Masa jabatan Musk sendiri sebagai dewan direksi akan berakhir pada 2024. Menurut pengajuan Securities and Exchange Commision (SEC),  selama menduduki jabatan tersebut, Musk tidak diperbolehkan menguasai lebih dari 14,9% saham. Sejumlah pihak menganggap, hal ini akan membuat Musk pasif dalam kepemilikan sahamnya. Namun, beberapa investor memperkirakan bahwa sesuai dengan sifatnya, Musk akan mengambil langkah agresif.

Hal ini terbukti, setelah beberapa jam kepemilikannya pada perusahaan tersebut, Musk membuat poling terkait fitur edit di Twitter. Merespon hal tersebut, Parag Awal meminta orang-orang untuk memilih secara hati-hati karena konsekuensinya akan sangat mempengaruhi perusahaan tersebut. 

Musk sendiri dikenal lebih sering berceloteh di Twitter. Pria terkaya di dunia tersebut tercatat memiliki lebih dari 80 juta followers di Twitter. (AB/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *