Lensa Manca

Strandbeests, Hewan Bernyawa Angin dari Belanda

Seorang seniman asal Belanda, Theo Jansen, merancang kerangka patung raksasa yang dapat bergerak tanpa bantuan tangan. Theo yang saat ini berusia 73 tahun, disebut telah mendesain kerangka sejak usia 30 tahun lalu.

Dia menamai karyanya sebagai “Strandbeests”, yang memiliki arti hewan pantai dalam bahasa Belanda. Karya rancangannya itu dapat bergerak sendiri dengan bantuan dorongan angin.

Dilansir dari Strandbeest.com, Senin (21/3), seniman asal Belanda terlibat dalam menciptakan kehidupan baru yang disebut “Strandbeests” . Kerangka tersebut terbuat dari tabung plastik kuning (pipa listrik Belanda), yang mampu berjalan dan mendapatkan energi dari angin.

Dalam videonya, dia mengatakan bahwa ingin membuat bentuk kehidupan baru dengan material dasar yang berbeda. Patung ini dibuat dari sejenis pipa yang dipakai di Belanda untuk kabel rumah, jadi sangat murah dan tersedia banyak.

“Saya berpikir bahwa keajaiban kehidupan yang menginspirasi saya, dan saya berharap lewat karya saya, orang-orang bisa terkejut lagi mengenai eksistensi kita,” terang Theo.

Seniman tersebut, dahulu memiliki latar belakang Ilmu Fisika dan berhasil membuat perkembangan pada karya patungnya, yang akan ditampilkan di Kunstmuseum di Den Haag, 3 Juli 2022.

Terdapat beberapa karya patung berbentuk hewan yang dapat terbang, berjalan dan melata seperti Umerus 2009 dan Siamesis 2010. Patung Umerus 2009 dibuat dengan bahan PVC, Bungkus dasi plastik, dan drakon. Karya tersebut memiliki ukuran 1100 x 400 x 420 cm. (AIS/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *