Lensa Manca

PLTN Terbesar di Eropa Terbakar Akibat Serangan Rusia

Pertarungan sengit antara Ukraina dan Rusia yang hingga belakangan ini terjadi belum usai, akibat dari konflik tersebut terjadi kebakaran pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhia, Jumat (4/3).

“Pukul 6.20 waktu setempat, kebakaran di gedung pelatihan PLTN Zaporizhzhia di Enerhodar berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa,” ungkap layanan darurat Ukraina, dikutip dari AFP.

Hal tersebut, juga dikabarkan oleh Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba, yang mengatakan bahwa PLTN terbesar di Eropa tersebut terbakar dalam serangan Rusia.

Seperti diketahui, PLTN Zaporizhzhia tersebut terletak di tenggara Ukraina, yakni di Enerhodar, tepi waduk Kakhovka di sungai Dnieper. PLTN Zaporizhzhia berjarak sekitar 200 km dari wilayah Donbas dan 550 km tenggara Kiev.

“Tentara Rusia menembak dari semua sisi ke PLTN Zaporizhzhia, pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa,” cuit Kuleba di Twitter.

Lebih lanjut, Kuleba mengatakan bahwa jika PLTN tersebut meledak, maka ledakannya dapat 10 kali lebih besar dari pada Chernobyl. Kuleba pun berpesan agar serangan Rusia tersebut segera berhenti dan segera memberikan akses kepada damkar agar mendirikan zona keamanan.

Kebakaran tersebut sempat tak dapat dipadamkan karena tim pemadam ditembaki oleh pasukan Rusia. Namun kemudian, tim damkar tersebut dapat mengakses PLTN Zaporizhzhia. (AS/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *