Lensa Jogja

Gandeng TNI-POLRI, Menkes Gencarkan Pelacakan Kasus Covid-19

Menteri kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin Senin (1/03) siang memantau langsung penanganan Covid-19 di Kabupaten Bantul. Salah satu sasaran dalam kunjungan kerjanya kali ini adalah Puskesmas Bambanglipuro.

Mulai dari layanan pendaftaran, kesiapan tenaga kesehatan, hingga pelaksanaan tes antigen, dan proses input sistem pendataan kasus Covid-19 dari hasil pelacakan Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Menkes turut mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Bantul yang dinilai baik dalam penanganan Covid-19. Namun, mengingat angka penularan yang kian naik, Budi Gunadi Sadikin menekankan tentang penguatan Puskesmas dalam akselerasi 3T yakni Testing, Tracing dan Treatment.

Dalam strategi ini, Menkes bakal melibatkan potensi Bhabinkamtibmas dan Babinsa sebagai tenaga pelacak kontak erat kasus positif di tingkat desa. Hal ini ditujukan agar temuan kasus baru Covid-19 dapat segera tertangani.

Dengan didampingi Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistyono, Dandim 0729 Bantul Letkol (Inf.) Agus Indra Gunawan, serta Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Menkes juga menyempatkan diri meninjau Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 (RSLKC) Bambanglipuro serta ketersediaan shelter atau rumah isolasi pasien Covid-19 di tingkat Padukuhan di Kalurahan Sumbermulyo.

Kunjungan kerja Menkes kali ini tak lain dilaksanakan untuk menekankan strategi 3T yang perlu diterapkan di setiap Puskesmas guna mengurangi laju penularan Covid-19.

(JP/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *