Lensa Jogja

9 Warga di Kulonprogo Diserang Tawon Gung, 2 Dilarikan ke Rumah Sakit

Tawon Gung menyerang warga di 2 dusun, yakni Dusun Bulak dan Wonobroto, Kelurahan Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, pada Minggu (30/1) kemarin.

Serangan Tawon Gung ini bermula, ketika sarang Tawon Gung yang menempel di sebuah pohon di halaman salah satu warga, dirusak burung Elang Bido  yang memburu mangsanya. Elang yang merusak sarang tawon ini langsung membuat Tawon Gung berhamburan dan menyerang warga yang tengah berada di sekitar lokasi.

Serangan tawon inipun terus berlanjut beberapa hari dan menyebabkan 9 warga menjadi korban, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Rata-rata korban  mengalami demam dan luka lebam setelah disengat Tawon Gung tersebut. Bahkan 2 di antaranya harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif.



“Kalo khusus di wilayah Wonobroto, ini kemarin korban yang tersengat ada 5 orang, warga sekitar dan kemarin sudah diperiksakan ke medis dan alhamdulillah sudah boleh langsung dibawa pulang. Dan yang kedua di pedukuhan Bulak juga ada serangan tawon yang sama  ada yang sampe opname di rumah sakit,” kata Bripka Dwi Prasetyo, Bhabinkamtibmas Sentolo dalam keterangannya.

“Kondisinya terkena tawon gung terus aku bali sebelum sampe rumah terus diserang ke rumah bapak dan langsung nyemplung kolam,” pengakuan Santo, salah satu korban.
 
Para korban yang diperbolehkan pulang masih merasakan rasa ngilu dan kebas di bekas luka sengatan tawon gung, pihak rumah sakit memberikan suntikan pengurang rasa nyeri dan anti alergi untuk membantu para pasien.

Guna mengantisipasi peristiwa serupa, warga diimbau tidak mendekat ke lokasi. Tim dari Polres Kulonprogo, BPBD dan  Damkar Kulonprogo berencana mengevakusi sarang tawon yang membahayakan tersebut, karena lokasi berdekatan dengan pemukiman warga. (SA/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *