HeadlineLensa Terkini

Menhan Prabowo Kuasai Survei Capres 2024

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, lagi-lagi namanya merajai sejumlah topik survei, yang kali ini diusung oleh lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI). Survei yang bertajuk “Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19, Pandemic Fatigue, dan Dinamika Elektoral Jelang Pemilu 2024” ini, digelar pada 6-11 Desember 2021 dan dirilis pada Minggu, 9 Januari 2022.

Diawali dengan sepengetahuan dan kesukaan publik atas sejumlah tokoh yang diajukan, nama Prabowo berada tertinggi dengan angka 97.5% tahu dan 74.1% disukai publik. namanya bertengger membawahi sebanyak 14 tokoh penting tanah air.

14 nama saingan Prabowo dalam survei ini di antaranya, Sandiaga Salahuddin Uno, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono, Ridwan Kamil, Puan Maharani, Ganjar Pranowo, Sri Mulyani Indrawati, Tri Rismaharini, Khofifah Indar Parawansa, Erick Thohir, Tito Karnavian, Nadiem Makarim, Airlangga Hartanto, dan Andika Perkasa.

Kemudian, diajukan lagi sebanyak 33 nama tokoh besar tanah air, yang memungkinkan maju dalam pilpres 2024 mendatang. Bahkan setelah itu, posisi teratas masih diduduki oleh Prabowo Subianto dengan 22.4%. Sementara yang paling bawah, diisi oleh Dudung Abdurachman dengan 0.0%.

Dari 33 nama kemudian dikerucutkan menjadi 19 nama, dari 19 nama tersebut Prabowo masih betah berada di atas survei, dengan perolehan angka 24.1%. Di bawahnya diisi oleh Ganjar Pranowo dengan 20.8% dan Anies Baswedan dengan 15.1%.

Lebih lanjut, saat disimulasikan menjadi hanya 3 tokoh, nama Prabowo pun tetap teratas dengan 35.4%, membawahi Ganjar Pranowo dengan perolehan 31.6% dan Anies Baswedan dengan 24.4%.

Tak hanya elektabilitas tokoh calon presiden 2024, nama Prabowo juga unggul ketika ditanya elektabilitas sebagai ketua partai. Publik menilai Prabowo dengan angka 52.5% sebagai ketua Partai Gerindra. Kemudian disusul oleh Agus Harimurti Yudhoyono sebagai ketua Partai Demokrat dengan perolehan angka 11.1%. (AKM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *