HeadlineLensa Terkini

Dimulai besok! Ini Daftar 11 Provinsi Yang Boleh Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Program vaksinasi anak usia 6-11 tahun, yang sudah diumumkan akan dimulai pada 14 Desember 2021 besok, diketahui akan menyasar pada 26,5 juta anak. Data tersebut merujuk pada hasil sensus penduduk 2020 lalu.

Maxi Rein Rondonuwu, Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, mengatakan bahwa program ini akan dilakukan secara bertahap, dan bekerja sama dengan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Lebih lanjut, sebagai langkah awal, vaksinasi anak ini akan dilangsungkan di wilayah-wilayah yang sudah memenuhi kriteria, yakni vaksinasi dosis 1 di atas 70% dan vaksinasi lansia di atas 60%.

Sementara wilayah yang sudah mengantongi kriteria tersebut, adalah 106 kabupaten/kota dari 11 provinsi, antara lain Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Bali.

Maxi menyebut, bahwa jenis vaksin yang akan digunakan adalah Sinovac, yang sudah mendapat Emergency Use Autorization (EUA), dan berjumlah sebanyak 6,4 juta dosis, serta digunakan sampai akhir Desember 2021.

“Ada 6,4 juta dosis untuk Desember dan kemudian Januari 2022 akan ada tambahan vaksin Sinovac dari Dirjen Farmalkes dan sudah datang, sehingga ini (vaksinasi untuk anak) tidak akan putus,” tambahnya. (AKM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *