Lensa Manca

Kemenlu China Sepakati Pertemuan Dengan AS Minggu Depan

Kemenlu China mengatakan bahwa Presiden Xi Jinping akan melakukan pertemuan secara virtual dengan Joe Biden, Presiden AS pada Selasa (16/11). Hal ini dikatakan langsung Hua Chunyingi, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China.

“Para pemimpin akan bertukar pandangan tentang hubungan bilateral dan masalah kepentingan bersama,” kata Hua Chunying melansir dari Reuters, Sabtu (13/11).

Pertemuan direncanakan di tengah meningkatnya ketegangan atas Taiwan, perdagangan dan hak asasi manusia. Tetapi, ada beberapa hal kesepakatan tentang iklim yang disepakati oleh kedua negara.

Jen Psaki, Juru Bicara Gedung Putih mengatakan Biden dan Xi Jinping bertemu untuk membahas cara mengelola persaingan secara bertanggung jawab.

“Secara keseluruhan, Presiden Biden akan memperjelas niat dan prioritas AS dan menunjukkan keprihatinan kami dengan China,” katanya

Pertemuan virtual ini akan menjadi yang pertama bagi Biden dengan Xi Jinping sejak ia menjadi Presiden AS pada Januari silam, dan itu terjadi ketika Xi Jinping mengisyaratkan sedikit pemanasan hubungan dengan AS.

Biden dan Xi Jinping terakhir kali berbicara yakni pada September lewat panggilan telepon yang berlangsung sekitar 90 menit.

Kedua negara sepakat untuk mengadakan pertemuan virtual bulan lalu selama enam jam yang diperpanjang antara penasihat Jake Sullivan, keamanan nasional Biden dan Yang Jiechi, diplomat China.  (MRS L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *