Lensa Manca

Ledakan Bom Kembali Terjadi di Masjid Afganistan

Kembali terjadi ledakan bom yang terjadi Afganistan tepatnya di masjid di distrik Spin Ghar, Provinsi Nangarhar, Afghanistan, saat salat Jumat (12/11) berlangsung. Dilaporkan tiga orang tewas akibat ledakan tersebut.

“Saya bisa mengonfirmasi ledakan saat salat Jumat di dalam masjid di distrik Spin Gahar. Ada yang meninggal, ada yang terluka,” kata pejabat Taliban kepada AFP, Jumat (12/11).

Dokter dari rumah sakit lokal mengatakan bahwa sejauh ini ada tiga orang yang tewas.

“Sejauh ini ada tiga orang yang tewas, 15 terluka,” ujar dokter tersebut.

Hingga kini, belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan di masjid tersebut.

Tapi santer dikabarkan bahwa dalang ledakan ini adalah ISIS-Khorasan yang mengklaim bertanggung jawab atas rangkaian serangan mematikan di Afghanistan sebelumnya, sejak Taliban berkuasa sejak pertengahan Agustus lalu.

Distrik Spin Ghar sendiri dikenal sebagai sarang kelompok ekstremis ISIS cabang Afghanistan atau ISIS-Khorasan. Serangan terakhir terjadi pada awal November. Ketika itu, tercatat 19 orang meninggal dan lebih dari 50 orang mengalami luka-luka.

Sejauh ini, lebih dari 120 orang juga tewas akibat serangan ISIS di dua masjid yang terkait dengan komunitas minoritas Hazara.

Rangkaian penyerangan ISIS ini membuat janji Taliban untuk membawa keamanan di Afghanistan setelah mereka berkuasa menjadi tanda tanya. Bahkan beberapa komunitas internasional khawatir Afghanistan kembali menjadi sarang teroris. (MRS/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *