Lensa Jogja

Puluhan Wali Kota Se-Indonesia Gowes Santai Bersama Masyarakat

Puluhan wali kota se-Indonesia mengikuti kegiatan sepeda santai sekaligus mengenalkan destinasi wisata di Kota Yogyakarta. Hal ini diharapkan dapat kembali menumbuhkan perekonomian di tengah pandemi Covid-19, Jumat (15/10).

Puluhan wali kota tersebut bersama dengan masyarakat umum lainnya melakukan konvoi sepeda santai. Konvoi dimulai dari Taman Parkir Ngabean Yogyakarta yang dilanjutkan dengan menyusuri berbagai kampung wisata di Kawasan Kraton hingga berakhir di Taman Pintar.

Kegiatan konvoi sepeda santai ini merupakan salah satu rangkaian acara kunjungan para anggota Asosiasi Pemerintah Kota seluruh Indonesia (Apeksi) ke Yogyakarta. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung bangkitnya kembali perekonomian pasca pandemi Covid-19.

Mengingat sudah hampir 2 tahun lamanya, geliat perekonomian di Kota Yogyakarta lumpuh akibat dampak merebaknya Virus Corona. Terlebih, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menjadikan Kota Yogyakarta yang dijuluki sebagai Kota Wisata ini sepi dari pengunjung.

“Gowes ini memang sangat menyenangkan. Jalannya mulus, destinasi wisatanya menarik, bisa segala jenis sepeda, dan yang lebih menarik lagi pagi ini bersama teman-teman wali kota seluruh Indonesia. Kita sama-sama mendorong kebangkitan ekonomi, mempopulerkan kembali destinasi wisata sambil gowes di Jogja,” ujar Bima Arya, Wali Kota Bogor.

“Intinya gini, satu ini mengenalkan dan mempromosikan tentang destinasi wisata yang ada di Kota Yogyakarta. Rute yang kita pakai adalah Rute Tilik Jeron Beteng. Ini bagaimana kita memasuki Lorong-lorong kecil tapi ini untuk bisa dikenalkan kepada teman-teman wali kota yang lain melihat tentang kedalaman Yogyakarta dari kampung-kampung atau sentra budayanya,” ungkap Heru Purwadi, Wakil Wali Kota Yogyakarta.

Total sebanyak 50 wali kota se-Indonesia mengunjungi Kota Yogyakarta dalam rangka kunjungan kerja dan melakukan pembahasan terkait Smart City. Tak lupa, serta mengenai percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

(AA/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *