Lensa Jogja

Godot Sutedjo, Akan Lahirkan Seniman Keris Kontemporer

Di tengah aktivitas tradisi budaya yang mulai nampak bergeliat, hal tersebut juga dimanfaatkan oleh sejumlah seniman untuk kembali menunjukkan eksistensinya dalam berkarya.

di antaranya adalah Godot Sutejo, Kondang Sugito dan Ardian Krisna. Perupa asal Yogyakarta ini mencoba membuat inovasi baru di dunia perkerisan. Di sela-sela festival tradisi budaya adat Rebo Pungkasan, Pendoworejo, Girimulyo, Kulon Progo, Kamis (7/10).

Jari-jari ketiga perupa ini mulai menari di atas kertas, membuat sebuah sketsa keris dengan bentuk dan corak yang unik.

Meski terbilang keluar dari pakem keris pada umumnya, karya ciptaannya ini nanti diklaim akan banyak digemari generasi millennial. Mulai dari bentuk dan corak yang dapat dirubah sesuai kemauan, pembubuhan karakter nama ataupun tulisan dalam pahatan keris.

Diharapkan, hadirnya keris kekinian ini mampu kembali menarik minat generasi muda untuk mencintai keris yang telah menjadi warisan budaya dunia. Hal ini juga dapat mengatasi pengangguran bagi perajin perabot keris.

Meski tanpa mengurangi estetika dari keris peninggalan leluhur, lahirnya keris kekinian ini diharapkan semakin memperkaya seni kerajinan di Yogyakarta. Generasi muda yang mulai menyenangi keris akan kembali belajar menelisik sejarah dan keberadaan keris sebagai budaya bangsa.

Nantinya, dari sketsa keris kontemporer tersebut akan diwujudkan dalam sebuah replika yang bakal dipamerkan oleh Godot Sutejo di Leman Art, Sleman pada awal Januari 2022 mendatang. (JP/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *