HeadlineLensa Terkini

Juru Wabah Ingatkan Pemerintah Jangan Bekerja Setengah Hati

Pemerintah melalui Menko Luhut, telah mengumumkan perpanjangan masa PPKM selama dua pekan hingga 18 Oktober 2021 mendatang. Luhut menyebutkan bahwa Indonesia terus memperlihatkan perkembangan baik selama dua pekan sebelumnya.

Bahkan, satu kota di cakupan Jawa-Bali yakni Blitar, kini ditetapkan telah masuk dalam level 1 atau diijinkan menerapkan new normal. Hal ini lantaran Blitar berhasil mencapai target vaksinasi dosis satu sebesar 70% dan telah memenuhi standar WHO.

Sementara beberapa kota lain, ada yang turun menjadi level 2 dan ada pula yang naik menjadi level 3. PPKM level 2 masih akan diterapkan oleh sedikitnya 20 kota di Jawa-Bali, sedangkan level 3 yang sebelumnya hanya ada 84 kabupaten/kota, kini menjadi 107 kabupaten/kota. Luhut menyebut, perubahan ini dipengaruhi oleh vaksinasi yang terus digencarkan.

Perubahan skala PPKM dan keputusan perpanjangan ini, mendapat respon dari Pandu Riono. Epidemiolog UI tersebut dalam cuitannya, mengingatkan pemerintah untuk memberikan apresiasi kepada sejumlah wilayah atas hal ini, namun juga bukan berarti euforia berlebihan.

“Pemerintah perlu apresiasi Kabupaten dan Kota yang cakupan vaksinasi penduduk & Lansia di atas 80%. Suntikan Kedua yang dinilai karena berikan perlindungan optimal. Kita tidak boleh bekerja setengah hati, tuntaskan Indonesia bisa jadi teladan kendalikan pandemi di dunia.” Tulisnya, Selasa (5/10). (AKM/L44)

Share

One thought on “Juru Wabah Ingatkan Pemerintah Jangan Bekerja Setengah Hati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *