Lensa Manca

Penambang Emas di Amazon Menyerang Desa dan Bentrok Dengan Polisi

Penambang emas liar yang secara ilegal mencari emas di tanah adat yang dilindungi di Amazon menembaki desa Munduruku dan membakar rumah salah satu pemimpinnya pada hari Rabu (26/5), kata organisasi adat utama Brasil.

Polisi Federal mengatakan para penambang emas kemudian mencoba menyerang pos polisi setempat dan menghancurkan kendaraan serta helikopter yang digunakan dalam operasi yang sedang berlangsung terhadap para penambang, kata polisi dalam sebuah pernyataan.

Gumpalan asap hitam terlihat di seberang sungai Tapajos yang naik dari rumah pemimpin perempuan Munduruku Maria Leusa yang dibakar dengan bensin, kata organisasi payung adat APIB.

APIB menduga serangan di desa itu sebagai pembalasan operasi polisi untuk melindungi tanah adat.

Para penambang melepaskan tembakan ke desa tersebut dalam gelombang serangan terbaru terhadap masyarakat adat di daerah pencarian emas di Amazon. Para penambang liar telah diberanikan oleh Presiden sayap kanan Brasil Jair Bolsonaro dan dukungannya untuk melegalkan penambangan liar dan kegiatan komersial di tanah adat.

Tidak ada laporan mengenai siapa pun yang terluka dalam insiden tersebut.

“Sekali lagi, kehidupan masyarakat adat terancam oleh para penambang ilegal di Amazon,” kata APIB dalam sebuah pernyataan.

“Rutin teror ini terjadi juga di reservasi Yanomami yang telah diserang hebat sejak awal bulan di negara bagian Roraima,” kata APIB, merujuk pada reservasi penduduk asli terbesar di Brasil.

Sumber : Reuters

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *