Lensa MancaLensa Terkini

Timor Leste Ikut Pertemuan ASEAN untuk Pertama kalinya

Timor Leste untuk pertama kalinya ikut dalam rapat Menteri Luar Negeri ASEAN yang digelar di Sekretariat ASEAN Jakarta, pada Jumat (3/2), setelah resmi diakui sebagai anggota blok Asia Tenggara ini.

ASEAN sendiri tengah menggelar rangkaian pertemuan The ASEAN Foreign Ministers’ (AMM) Retreat di Jakarta, pada 2-4 Februari 2023. Sementara acara hari ini merupakan pertemuan Dewan Koordinasi ASEAN (ASEAN Coordinating Council/ACC) ke-32.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, mengatakan bahwa Timor Leste ikut bergabung dalam pertemuan ASEAN Coordinating Council (ACC) ke-32.

“Dalam pertemuan ACC ini merupakan momen bersejarah, untuk pertama kalinya kita menyambut Timor Leste untuk ikut bergabung,” jelas Retno Marsudi dalam konferensi persnya, dikutip pada Sabtu (4/2).

Retno pun mengucapkan selamat kepada menteri Luar Negeri Timor Leste, Adaljiza Magno, pada kesempatan tersebut.

Sementara itu, Menlu Timor Leste juga mengucapkan terima kasih. Ia menyebut bahwa pertemuan itu sebagai langkah penting dari aksesi keanggotaan di ASEAN.

“Sebuah kehormatan dan keistimewaan bagi saya bisa mengambil bagian untuk pertama kalinya, dalam momen bersejarah pertemuan Dewan Koordinator ASEAN di bawah kepemimpinan Indonesia,” ujar Adaljiza.

“Ini adalah batu loncatan penting dalam perjalanan panjang kami untuk bergabung dengan keluarga besar komunitas ASEAN,” imbuhnya.

Adaljiza menjelaskan, ASEAN telah memberikan waktu bagi Timor Leste untuk mempersiapkan diri lebih baik dan optimis prosesnya akan segera diselesaikan.

Ia pun berharap, pertemuan para menlu ASEAN tersebut dapat menghasilkan rujukan yang akan digunakan untuk aksesi keanggotaan Timor Leste.

Kehadiran perwakilan Timor Leste dalam pertemuan ASEAN ini, tentu menjadi momen bersejarah di bawah keketuaan Indonesia di ASEAN.

Indonesia telah lama mendorong aksesi Timor Leste di ASEAN karena sangat yakin kontribusi negara itu akan semakin memperkuat dan membawa kemajuan bagi organisasi.

Seperti diketahui, Timor Leste resmi diakui sebagai anggota ASEAN pada November 2022 lalu.

Para pemimpin negara ASEAN setuju Timor Leste untuk menjadi salah satu anggota blok regional tersebut yang sebelumnya hanya beranggotakan 10 negara itu. (SC/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *