Lensa Kesehatan

Cara Atasi Telapak Kaki Pecah-pecah dengan Biaya Terjangkau

Kulit telapak kaki berbeda dengan kulit tubuh lainnya karena tidak memiliki kelenjar keringat. Akibatnya, telapak kaki cenderung kering dan mudah pecah-pecah.

Memiliki telapak kaki pecah-pecah memang dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri untuk melepas alas kakinya di tempat umum atau jika sedang bersama orang banyak. Bagaimanapun telapak kaki pecah-pecah terkesan tak enak dipandang.

Berikut ini adalah tips mengatasi telapak kaki pecah-pecah menggunakan bahan yang ada di rumah.

Gunakan Pelembap

Menggunakan pelembap merupakan salah satu cara ampuh untuk mengatasi telapak kaki pecah-pecah. Pilihlah krim pelembap yang mengandung dimethicone. Produk yang mengandung dimethicone ini memiliki kandungan unsur yang bisa melembapkan kulit kering.

Selain itu, kalian  juga bisa memakai pelembap jenis emolien humektan yang mengandung lanolin dan gliserin sebagai bahan aktifnya. Penggunaan pelembap dengan bahan kerolitik juga bisa menjadi cara menghilangkan pecah-pecah di telapak kaki dengan cara membantu meluruhkan sel-sel kulit mati yang menebal dan mengeras.

Pakai Madu

Selain untuk kesehatan, madu juga dapat digunakan untuk mengatasi telapak kaki pecah-pecah. Caranya, kalian cukup mencampurkan satu gelas madu dengan air hangat dalam sebuah wadah besar atau baskom.

Kemudian, rendam kedua kaki ke dalam baskom berisi air madu hangat tersebut selama 15-20 menit, lalu gosok permukaan kulit kaki yang pecah-pecah. Kalian juga bisa menggunakan madu sebagai masker obat untuk telapak kaki pecah-pecah. Caranya oleskan pada telapak kaki dan diamkan semalaman.

Pijat Kaki dengan Minyak

Minyak dapat digunakan untuk mengatasi telapak kaki pecah-pecah. Minyak cenderung bekerja lebih baik daripada lotion karena lebih cepat menyerap ke dalam kulit. Kalian bisa menggunakan minyak apa pun, mulai dari minyak zaitun, almon, hingga minyak kelapa.

Itulah beberapa cara menghilangkan kaki pecah-pecah yang bisa kalian terapkan di rumah. Selamat mencoba! (SPI/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *