Lensa Manca

Profil Bongbong Marcos Presiden Terpilih, Putra Mantan Diktator Filipina

Ferdinand Marcos Jr atau dikenal dengan panggilan Bongbong, telah memenangkan pemilihan presiden Filipina. Dia adalah putra diktator Filipina, Ferdinand Marcos, yang digulingkan pada 1986 silam.

Berdasarkan data di situs Senat Filipina, Bongbong Marcos (BBM) lahir pada 13 September 1956 di Manila. Ia menikah dengan wanita bernama Louise pada 1993.

Pasangan itu memiliki tiga putra: Ferdinand Alexander, Joseph Simon, dan William Vincent. Ferdinand Alexander sudah berusia 28 tahun, sementara yang termuda akan berusia 25 tahun pada Mei 2022.

Ayahnya dikenal sebagai sosok diktator. Pada masa pemerintahannya, sering terjadi berbagai pelanggaran HAM dan korupsi. Pada 1972, Ferdinand Marcos memberlakukan UU darurat militer untuk memenjarakan, menyiksa, dan membunuh banyak orang Filipina, serta menjarah miliaran dolar uang rakyat.

Ibunya adalah Imelda Marcos, dikenal dengan gaya hidup hedonnya, mengoleksi barang-barang mewah termasuk perhiasan, karya seni, dan properti di Amerika. Saat terjadi pemberontakan rakyat yang menjadi penyebab penggulingannya, Ferdinand Marcos mengasingkan diri ke Honolulu di mana dia meninggal.

Tidak seperti ayahnya yang lulusan kampus ternama di Filipina, Universitas Filipina. Bongbong hanya lulusan SMA. Dia pernah kuliah di Universitas Oxford, Inggris mengambil jurusan filsafat, politik, dan ekonomi, tapi tidak lulus. Kemudian pindah ke Wharton Business School di Amerika Serikat (AS), tapi tidak sampai selesai.

Dari 1992 sampai 2016, dia terpilih menjadi gubernur, anggota kongres, dan senator. Dia bahkan dinilai tidak jago berpidato dan bertele-tele.

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte pernah menyebut Bongbong “anak manja” dan “lemah”. Dalam wawancaranya dengan CNN, Bongbong mengabaikan komentar Duterte tersebut. Namun kini Bongbong maju pilpres didampingi putri Duterte sebagai calon wakil presiden, Sara Duterte Carpio.

Pada situs resminya, pihak Bongbong mengakui sukses mengubah Ilocos Norte menjadi “provinsi kelas satu”.

Ia pernah bekerja di berbagai komite, mulai dari komite pemerintahan lokal, pekerjaan umum, hubungan luar negeri, agrikultur, ekonomi, pendidikan, energi, keuangan, lingkungan, dan lain sebagainya.

Bongbong adalah satu-satunya anak lelaki Marcos senior dari pernikahannya dengan Imelda. Ia adalah anak kedua dari pernikahan Ferdinand Marcos dengan Imelda. Kakaknya yang bernama Maria Imelda Josefa Remedios Romualdez Marcos (Imee) juga terjun ke bidang politik.

Imee juga pernah menjadi gubernur di Ilocos Norte, setelah itu ia lanjut sebagai senator. Hingga kini, Imee masih menjabat sebagai senator.

Sementara Adik Bongbong dan Imee, yakni Irene, adalah satu-satunya dari trio Marcos yang tidak memegang jabatan publik. (LH/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *