Lensa Jogja

Ramadhan Sehat Ala Kormi Sleman

Kaum perempuan dan warga Samberembe, Candibinangun, Pakem, Sleman, bersama anggota Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) Sleman, menggelar senam kebugaran di jalanan kampung.

Sementara dilokasi yang sama, penggiat seni kuda kepang atau sering disebut dengan istilah Jathilan, juga turut unjuk kebolehan menambah semarak kegiatan pasar tiban ramadhan di desa tersebut.

Digelarnya kegiatan ini, menjadi salah satu cara warga setempat dengan tetap menjaga tubuh tetap segar dan sehat, sembari menunggu datangnya waktu berbuka puasa.

Momentum ini, turut dimanfaatkan oleh Kormi Sleman dengan melakukan bakti sosial sekaligus sosialisasi ramadhan sehat, dengan menyerahkan bantuan alat kesehatan berupa masker, sabun cuci tangan, serta hand sanitizer, guna memncegah penularan Covid-19.

Bagi penggiat seni budaya, kehadiran Kormi Sleman dinilai turut berpengaruh dalam perkembangan seni budaya di wilayah tersebut. Salah satunya, kuda kepang yang selama ini identik dengan pertunjukan seni dan budaya, namun di bawah naungan Kormi, Jathilan justru dikreasikan sebagai aktivitas olahraga selain senam kebugaran.

Melalui kegiatan ini, diharapkan Kormi mampu mewujudkan program memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat untuk menuju Indonesia sehat.

Oleh karena itu, apa yang ada pada kegiatan di sini masuk alam kategori olahraga sehat bugar melalui senam dan olahraga tradisinional dan kreasi budaya, yang diwujudkan dalam seni budaya Jathilan. (JACK/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *