Lensa Jogja

Lahan Tidak Produktif Disulap Menjadi Kebun Jambu Kristal di Purworejo

Lahan tidak produktif di sepanjang Jalan Daendels, pesisir pantai selatan Purworejo, berubah menjadi salah satu sentra kebun jambu kristal dalam beberapa tahun terakhir, Kamis (3/3).

Rohmadi, petani jambu kristal itu, sukses menanam sekitar 4500 pohon jambu kristal di lahan kosong seluas 4,5 hektar sejak 15 bulan yang lalu.

Berkat kerja keras Rohmadi, lahan tidak produktif itu dapat menghasilkan pundi-pundi uang hingga jutaan rupiah. Setiap panen yang dilakukan pada dua minggu sekali ini, ia dapat memperoleh jambu kristal hingga satu ton.

Untuk pemasarannya, Rohmadi tidak perlu khawatir karena sudah ada pedagang yang siap menampung dan memetik langsung dari kebun. Harga jambu kristal yang dipetik langsung dari kebun, dibandrol dengan harga Rp5000 per kilogramnya.

Tidak hanya jambu kristal, untuk memperkaya produktivitasnya, di setiap sela pohon jambu kristal ditanami tanaman tumpangsari, seperti pohon kurma, kelengkeng, alpukat hingga durian.

Dengan demikian, dalam beberapa tahun mendatang kebun milik Rohmadi dapat menjadi sentra agrowisata dengan aneka buah-buahan, tidak hanya jambu kristal saja. (JS/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *