HeadlineLensa Terkini

Naik Lagi, Angka Kasus Omicron Kini 506 Kasus

Dari perkembangan sebelumnya yang menyebutkan bahwa Omicron telah mencapai 414 kasus, kini Kemenkes kembali menyampaikan bahwa Omicron meningkat lagi menjadi total 506 kasus per 10 Januari 2022 lalu.

Meningkat sebanyak 92 kasus baru, Jubir Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi mengatakan bahwa kasus ini masih didominasi oleh Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN), dengan jumlah kasus transmisi lokal kini sebanyak 84 kasus.

Tak hanya yang sudah terkonfirmasi positif, lanjut Nadia, peningkatan juga terjadi pada kasus probable Omicron. Per 10 Januari lalu, tercatat sebanyak 1.384 kasus probable yang diketahui dari SGTF.

“Kalau kita perhatikan, juga terlihat peningkatan yang signifikan dari angka kasus harian di mana dari sejumlah 454 menjadi 802, naik hampir dua kali lipat,” kata Nadia dalam keterangannya, seperti dilansir dari situs resmi Kemenkes, Rabu (12/1).

“’Jika dilihat dari perkembangannya, konfirmasi Omicron cenderung mengalami peningkatan, dari pemeriksaan SGTF, kasus probable Omicron pada PPLN cenderung meningkat, hasil WGS juga menunjukkan proporsi varian Omicron yang mulai mendominasi,” tambahnya.

Sementara itu, kendati angka kasus merangkak naik, namun Kemenkes menjelaskan bahwa mereka kebanyakan positif dengan gejala ringan atau tanpa gejala. Maka dari itu, mereka diperbolehkan untuk menjalani isolasi mandiri dan akan diberi suplemen vitamin yang dibutuhkan.

Lebih lanjut, untuk tetap mengetahui perkembangan kesehatannya, mereka juga bisa mengakses sejumlah platform telemedicine yang sudah terafiliasi dengan Kemenkes. (AKM/L44)

Baca juga: https://lensa44.com/pasien-omicron-bisa-isolasi-mandiri-menkes-gandeng-17-telemedicine/

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *