Lensa Jogja

Digelar 2 Pekan, Vaksinasi 6-11 Tahun di Kulonprogo Sasar 35.585 Anak

Kabupaten Kulonprogo akan segera merealisasikan vaksinasi anak usia 6-11 tahun mulai 20-31 Desember 2021, dengan menyasar kurang lebih 35.585 anak yang tersebar di 368 sekolah. Untuk itu, Dinas Kesehatan telah membentuk 55 tim vaksinator agar pelaksanaan program ini selesai dalam 2 pekan.


Hal tersebut diungkapkan Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, Baning Rahayujati. Ia mengatakan bahwa vaksinasi anak dilaksanakan di masing-masing sekolah karena dinilai lebih efisien. Nantinya Tenaga Kesehatan (Nakes) akan mendatangi ke sekolah seperti pelaksanaan bulan imunisasi anak sekolah.


Dari 55 tim vaksinator yang dibentuk oleh Dinas Kesehatan, mereka terdiri dari 21 puskesmas yang akan dibantu tim oleh TNI-Polri dan lembaga masyarakat seperti Loro Blonyo Pakualaman, Muhamadiyah, Badan Intelijen Nasional Daerah (Binda) dan Organisasi Profesi di Kulonprogo.

Dinkes Kulonprogo memastikan ketersediaan vaksin untuk dosis pertama mencukupi, sembari menunggu kiriman vaksin untuk dosis kedua. Baning berharap Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) pada anak tidak terjadi pada vaksinasi kali ini.

Lebih lanjut, untuk anak yang tidak lolos screening karena memiliki riwayat penyakit tertentu, maka akan diarahkan ke tim vaksinasi di RSUD Wates. Diharapkan vaksinasi anak usia 6-11 di Kulonprogo terselesaikan di akhir 2021 ini. (SA/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *