Lensa Manca

Lewat Panggilan Telepon Biden dan Macron Bahas Penguatan Pertahanan Eropa

Melalui panggilan telepon, Joe Biden selaku Presiden Amerika Serikat dengan Emmanuel Macron selaku Presiden Prancis membahas penguatan pertahanan Eropa, Sabtu (23/10).

Pembahasan itu dilakukan usai hubungan kedua negara sempat menegang atas perselisihan hebat mengenai kontrak penjualan kapal selam ke Australia.

Melansir AFP, kedua pemimpin tersebut membahas upaya pertahanan Eropa yang lebih kuat, serta saling melengkapi dengan NATO.

Selain itu, kedua pemimpin tersebut berencana untuk melakukan pertemuan di Roma pada akhir bulan ini. Gedung Putih menyampaikan jika Biden telah menantikan kesempatan ini untuk ikut serta dalam kerja sama AS dan Prancis, serta memperkuat kepentingan bersama.

Sebelumnya, kedua negara tersebut sempat menegang, karena Australia batal membeli kapal selam konvesional Prancis. Pasalnya, Australia beralih bekerja sama dengan AS, di mana mereka akan membuat kapal selam berteknologi tinggi milik AS.

Karena hal itu, Macron sempat menarik Duta Besar Prancis untuk Australia dan AS. Dengan kejadian ini, AS berusaha memperbaiki hubungan kedua negara tersebut.  

Antony Blinken, Menteri Luar Negeri AS telah mengunjungi Paris pada awal bulan ini, kemudian membuat pertemuan empat mata dengan Macron. (IM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *