Lensa Manca

Pemakaman Muslim Dekat Al-Aqsa, Dihancurkan Israel

Pemakaman umat Muslim di dekat Masjid Al-Aqsa dihancurkan oleh Pemerintah Kota Yerusalem yang diduduki Israel pada akhir pekan lalu. Terdapat kendaraan besar milik pemerintah kota yang sedang menghancurkan kuburan di Pemakaman Al-Yusufie, Selasa (12/10).

Pemakaman tersebut merupakan kuburan Muslim tertua yang berada di Yerusalem, terletak di sebelah benteng yang mengelilingi kota tua.

Dikutip dari Anadolu Agency, hal tersebut terungkap saat warga Palestina menemukan tulang belulang, ketika melakukan operasi pembongkaran. Tak sampai disitu warga juga menemukan kendaraan besar pemerintah kota yang meninggalkan lokasi kejadian.

Ahmed al-Dajani, Direktur Eksekutif Komisi Perlindungan Pemakaman Muslim, menyampaikan bahwa dari pengadilan Israel telah memberikan izin kepada Direktorat Arkeologi guna melakukan penelitian di lokasi yang berdekatan dengan pemakaman tersebut.

Al-Dajani menambahkan jika di antara makam-makam yang telah dihancurkan, ialah Muslim martir saat berlangsungnya perang tahun 1948 dan 1967 lalu.

Ia pun menegaskan jika Israel akan menghadapi Tindakan hukum sebagai tanggapan terkait penggusuran makam Muslim, yang dilakukan oleh pemerintah Kota Yerusalem.

Al-Dajani Kembali menegaskan bahwa wilayah Yerusalem tak dapat dipisahkan dengan pemakaman tersebut. Namun, menurut informasi yang didapat, Israel berencana akan membangun sebuah taman di dekat Pemakaman Al-Yusufie.

Sebelumnya, Israel pun sempat akan menghancurkan sebuah tangga yang bersejarah menuju Kota Tua dan Masjid Al-Aqsa. Hanya saja, upaya tersebut terhenti oleh warga palestina. (IM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *