Lensa Manca

Tiongkok Geram Senator Prancis Sebut “Taiwan” Sebuah Negara

Polemik antara Taiwan dan Tiongkok mengudang perhatian pejabat negara di dunia. Salah seorang senator Prancis mengatakan bahwa Taiwan harus disebut sebagai sebuah negara pada Jum’at (8/10) saat berkunjung ke Taipei.

Tentunya, pernyataan tersebut memancing reaksi dari Tiongkok yang memandang pulau tersebut sebagai salah satu provinsinya, bukan negara.

Nama “Taiwan” adalah masalah yang rumit. Taiwan secara resmi disebut sebagai Republik Rakyat Tiongkok, namun tidak diakui oleh sebagian besar negara di dunia yang memiliki hubungan diplomatik dengan Beijing.

Umumnya, kedutaan secara de facto menggunakan nama “Taipei” untuk menggambarkan pulau tersebut guna memastikan negara tuan rumah tidak mengecewakan Tiongkok.

Alain Richard, mantan Menteri Pertahanan Prancis, mengatakan kepada Tsai Ing-Wen, Presiden Tiongkok bahwa kantor perwaklan Taiwan di Paris telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam mewakili Tiongkok di negara tersebut.

Mengutip dari Reuters, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok menyebut Taiwan sebagai negara merupakan pelanggaran mencolok terhadap konsesus universal komunitas internasional, termasuk Prancis.

Zhao Lijiian, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, menambahkan, “Orang-orang seperti Richard tidak memiliki rasa hormat dan pemahaman paling mendasar terkait norma-norma hubungan internasional. Hal tersebut sama seperti menculik hubungan antarnegara berdasarkan keegoisan pribadi,”

Atas tindakannya tersebut, Tiongkok mengutuk keras dan menentang dengan tegas pernyataan yang telah disampaikan oleh Richard. (DY/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *