Lensa MancaLensa Terkini

Tingkat Pengangguran di Korea Selatan Terus Meningkat Karena Pandemi

Tingkat pengangguran Korea Selatan melonjak ke level tertinggi dalam 21 tahun pada bulan Januari, sementara jumlah orang yang bekerja turun pada level tertajam dalam lebih dari dua dekade, karena pembatasan dan lockdown untuk menahan virus corona terus merugikan pasar kerja.

Data dari Statistik Korea menunjukkan tingkat pengangguran musiman melonjak menjadi 5,4% pada Januari, tertinggi sejak 1999.

Data hari Rabu datang sebagai pukulan lain bagi yang menyebut dirinya “Presiden Pekerjaan” Moon Jae-in, karena pekerjaan menghilang pada kecepatan tercepat dalam beberapa dekade di tengah pandemi virus corona merugikan partainya menjelang pemilihan April untuk memilih walikota untuk dua kota terbesar, Seoul dan Busan.

Jumlah pekerja turun 982.000 pada Januari dari tahun sebelumnya, laju tercepat sejak 1998, ketika langkah-langkah jarak COVID-19 yang diperkuat di tengah gelombang ketiga infeksi melanda bisnis.

“Langkah-langkah yang telah dilakukan untuk menahan gelombang ketiga COVID-19 telah menyebabkan hilangnya pekerjaan, terutama merugikan sektor jasa,” kata kementerian keuangan dalam sebuah pernyataan setelah data dirilis.

Kerusakan menunjukkan pekerja di pengecer, fasilitas akomodasi dan restoran yang paling terpukul, kehilangan 586.000 pekerjaan dari tahun sebelumnya.

Jumlah pekerjaan tetap dan penuh waktu tumbuh 0,2% pada Januari dibandingkan tahun lalu, tetapi jumlah pekerjaan wirausaha turun hampir 11%, menunjukkan sifat rasa sakit yang tidak merata yang ditimbulkan di pasar tenaga kerja.

Indikator tambahan untuk tingkat pengangguran bagi kaum muda Korea yang berusia antara 15 dan 29 melonjak ke rekor baru 27,2% pada Januari dari rekor sebelumnya 26% pada Desember, karena lebih banyak kaum muda yang menyerah mencari pekerjaan.

Korea Selatan telah mencoba untuk menekan jumlah infeksi dengan memberlakukan langkah-langkah jarak sosial yang ketat, termasuk larangan makan di restoran dalam ruangan setelah jam 9 malam. Sejak itu, telah meringankan jam malam di lebih dari setengah juta restoran dan bisnis lain di luar ibu kota Seoul. Sumber berita : https://www.reuters.com/article/us-southkorea-economy-unemployment/south-korea-january-jobs-fall-at-sharpest-pace-in-more-than-two-decades-idUSKBN2A934D?il=0

Share