HeadlineLensa Jogja

Santri Terpapar Covid-19, Ponpes di Bantul Lockdown

Tim gugus tugas penanganan covid 19 kapanewon Sewon, Bantul jumat siang melakukan monitoring langsung di pondok pesantren Nurul Iman, Sorogenen, Timbulharjo, Sewon.

Hal itu dilakukan usai didapatkannya laporan ada 6 santri di ponpes tersebut positif terpapar covid 19. Selain melakukan pendataan dan tracing kasus tim juga meninjau ruang pondok pesantren yang digunakan sebagai tempat isolasi santri yang saat ini terpapar covid 19.

Dari keterangan pihak ponpes keenam santri tersebut bergejala sejak sepekan lalu namun dua hari lalu dilakukan tes kesehatan dan diketahui terkonfirmasi positif covid 19, sementara dua puluh enam santri lainnya yang juga bergejala dari pihak puskesmas bakal segera melakukan tes swab.

Hingga saat ini belum diketahui riwayat penularan covid 19 yang dialami para santri tersebut guna memutus mata rantai penularan covid 19 di ponpes ini untuk sementara waktu pondok pesantren tersebut bakal ditutup sementara atau lockdown.

Dari hasil monitoring tersebut tes swab bakal dilaksanakan dengan prioritas santri yang bergejala, sementara yang tidak bergejala akan dilakukan tes PCR secara bertahap.

Temuan ini turut menambah daftar kasus paparan covid 19 di Kapanewon Sewon yang saat ini telah mencapai 2257 kasus.

Edukasi terkait disiplin penerapan protokol kesehatan terus dilakukan agar penularan covid 19 di kabupaten Bantul dapat diminimalisir. (JKP/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *