Lensa Manca

China Perkuat Pangkalan Udara Militer, Taiwan Terancam

Pangkalan udara militer China yang berada di dekat Taiwan semakin ditingkatkan. Citra Satelit mengungkapkan hal ini sebagai petunjuk mengenai rencana invasi, Sabtu (16/10).

Antony Wong Tong, pakar militer yang berbasis di Macau, mengatakan kepada South China Morning Post (SCMP) bahwa peningkatan pangkalan udara militer China memberikan petunjuk tentang kemungkinan rencana pangkalan itu digunakan untuk invasi ke Taiwan di masa depan.

Melansir dari Daily Mail, Jumat (15/10), China memperkuat tiga pangkalan udara militernya yang terletak di Provinsi Fujian ini sebagai upaya pertahanan apabila terjadi konflik dengan Taiwan. Hal ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya ketegangan antara China dan Taiwan pada 1-4 Oktober lalu.

Atas hal tersebut, China mencetak rekor dengan peluncuran 149 serangan mendadak ke dalam zona identifikasi pertahanan udara Taiwan selama 4 hari. Sementara itu, The Drive, situs otomotif dan militer AS, menerbitkan gambar pembangunan bunker penyimpanan gedung dan gedung administrasi baru yang diambil oleh Planet Labs.

Sehingga, dengan adanya sejumlah gambar tersebut dapat diketahui bahwa konstruksi di pangkalan udara militer China telah dimulai pada awal 2020 dan berlanjut selama pandemi Covid-19. Tercatat sebanyak 5 bunker penyimpanan sedang dibangun.

Sementara itu, pembangunan perluasan apron dan 4 hanggar juga terlihat melalui gambar pangkalan udara militer China di Longtian yang diambil pada 2 Oktober lalu. Sedangkan, hanggar pesawat tahan bom yang disusun berbeda dibangun di dekat pangkalan udara militer China di Huian.

“Longtian sepertinya akan digunakan sebagai aerodrome alternatif setelah perbaikan besar-besaran. Sementara 4 hanggar pesawat baru dan yang sudah ada di pangkalan udara Huian memberi tahu kami bahwa itu akan dapat menampung brigade penerbangan skala penuh,” ujar Antony.

Di sisi lain, situs pertahanan udara baru dibangun pada markas angkatan udara Komando Teater Timur yang terletak di pangkalan udara militer China di Zhangzhou. Sejauh ini, peningkatan kekuatan pangkalan udara militer dari citra satelit tersebut menjadi kabar yang terbaru dari China. (AK/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *