Lensa Jogja

Wow!! Ini Deretan Hasil Tipu Jadi Kasat Reskrim Palsu

Inilah Dimas Agung Sisworo, pria yang mengaku sebagai kasat reskrim. Dengan mengenakan baju taktikal lengkap dengan logo polisi dan nama di dada kanan tertulis Kasat Reskrim di dada kiri dan pangkat AKP di kerah baju. (26/3/2021)

Tak ketnggalan, sebuah lencana berlogo penyidik terkalung di leher. Bergaya bak anggota polisi, jabatan kasat reskrim ia gunakan untuk memperdaya sejumlah perempuan.

Tujuannya untuk mendapatkan keuntungan materi serta diajak berhubungan badan. Bahkan ada juga yang dijanjikan akan dinikahi. Aksi pelaku akhirnya terbongkar setelah salah satu korban melaporkan kepada pihak kepolisian.

Pelaku ditangkap dirumahnya, Timbulharjo, Sewon, Bantul, bersama dengan barang bukti barang bukti berupa dua seragam kasat reskrim, dua lencana berlogo penyidik dan BNN, serta satu buah masker berlogo bareskrim.

Menurut pengakuan tersangka atribut polisi tersebut dibeli secara online dan di toko perlengkapan kepolisian di Bantul. Pelaku mengincar korban, yaitu wanita muda yang belum menikah dan juga mahasiswi yang masih menempuh pendidikan di Yogyakarta melalui akun media sosial pencari jodoh.

Setidaknya, sudah ada 4 korban yang tertipu daya pemuda pengangguran ini. Mayoritas adalah mahasiswi baik dari Bantul, Sleman, maupun dari Wonosobo.

Modus itu dilakukan agar pelaku bisa mendapatkan uang dari para korban. Nilainya bermacam-macam, dengan total 14 juta rupiah. Dengan dalih untuk membayar utang di bank.

Polisi saat ini masih meminta keterangan pelaku karena dimungkinkan masih ada korban lain. Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya alumnus universitas ternama di Yogyakarta ini akan dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman maksimal 4 tahun penjara. (Jkp/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *