Upaya Membangun Penguatan Ekosistem Peternakan Domba di Sleman

Melihat potensi peternakan domba di Kabupaten Sleman yang cukup besar memantik badan amal dan investor dari Singapura untuk membangun penguatan ekosistem berbasis peternakan domba.

Hal tersebut disampaikan saat pelaksanaan focus group discussion bersama puluhan kelompok peternak domba di Graha Amarta Pandowoharjo, Kabupaten Sleman, pada Senin (21/11) lalu.

Pihaknya juga turut merangkul badan usaha kelurahan atau bumkal. Hal ini mengingat kebutuhan akan domba di dalam negeri maupun di Singapura masih tinggi setiap tahunnya, baik untuk hewan kurban maupun aqiqah.

Pihaknya juga berjanji akan membantu untuk proses pengadaan bibit hingga pemasaran.

“Upaya penguatan ekosistem berbasis domba ini digunakan untuk pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan peternak domba khususnya di Kabupaten Sleman,” ujar Fitriani Mamonto selaku pendiri PT Amanah Adiry Utama Culture Singapura.

Selain itu, mereka pun akan membangkitkan wisata religi untuk warga Singapura ke Indonesia, khususnya Yogyakarta, yang nantinya bakal dikembangkan bibit-bibit domba yang unggul dan berkualitas sebanyak 5000 ekor.

Bentuk pendampingannya juga menyasar pemanfaatan kulit domba atau kambing untuk berbagai kebutuhan usaha kreatif. (Tim Liputan/L44)

Share