Lensa Manca

Ukraina-Russia Memanas, Inggris Mengirim Kapal Perangnya

Dilansir dari Sunday Times, Kapal perang Inggris akan berlayar ke Laut Hitam pada Mei di tengah meningkatnya ketegangan antara Ukraina dan Rusia, mengutip sumber senior angkatan laut.

Pengerahan itu bertujuan untuk menunjukkan solidaritas dengan Ukraina dan sekutu NATO Inggris.

Satu kapal perusak Tipe 45 yang dipersenjatai dengan rudal anti-pesawat dan fregat Tipe 23 anti-kapal selam akan meninggalkan kelompok tugas kapal induk Angkatan Laut Kerajaan Inggris di Mediterania dan menuju melalui Bosphorus ke Laut Hitam.

Kapal Induk HMS Queen Elizabeth yang diperlengkapi jet siluman F-35B Lightning II serta kapal selam Merlin akan masuk ke Laut Hitam juga.

Ketegangan antara Moskow dan Kyiv telah meningkat di tengah penumpukan pasukan Rusia di sepanjang perbatasan dan bentrokan di timur Ukraina antara tentara dan separatis pro-Rusia. 

Pejabat di Kementerian Pertahanan Inggris tidak segera dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Seorang juru bicara kementerian mengatakan kepada surat kabar bahwa pemerintah Inggris bekerja sama dengan Ukraina untuk memantau situasi dan terus meminta Rusia untuk menurunkan ketegangan.

“Inggris dan sekutu internasional kami tak tergoyahkan dalam mendukung kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina,” kata juru bicara.

Sumber : Reuters

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *