Tips Mencuci Kain Batik Agar Tidak Luntur

Batik tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Batik menjadi warisan budaya Indonesia yang diakui oleh UNESCO sejak 2 Oktober 2009 sebagai Budaya Tak Benda Warisan Manusia. Sehingga perawatan kain cantik ini memerlukan perhatian khusus agar batik tahan lama dan warnanya tidak luntur. Sudahkah Anda tahu bagaimana cara mencuci batik yang benar?

Icha Rahayu, Distributor Batik Yogyakarta menyampaikan bahwa pencucian pertama batik selalu luntur merupakan hal yang wajar. Bagi masyarakat yang sudah sering membeli maupun mengoleksi batik tidak akan kaget lagi dengan fakta tersebut. Namun bagi masyarakat yang baru pertama kali membeli batik, peristiwa ini merupakan hal baru yang akan dihadapi.

“Sebenarnya kalau awal pencucian batik selalu luntur. Itukan dia mengurangi kandungan malamnya dulu, entah batik mahal apa murah sama saja” ujarnya.

Berikut tips mencuci batik secara umum yang dapat Anda lakukan :

  1. Untuk pencucian pertama cukup rendam batik dengan air biasa dan kucek dengan lembut.

2. Cuci batik dengan tangan atau pilih fitur handwash apabila menggunakan mesin cuci.

3. Sedangkan pencucian selanjutnya boleh memakai deterjen. Jika ingin mencuci dengan bahan alami, gunakan sabun dari tanaman lerak sebagai alternatif. Tanaman ini dipercaya dapat menjaga kualitas batik itu sendiri.

4. Cukup rendam dengan air hangat untuk menghilangkan noda.

5. Usahakan hindari memeras kain batik saat mencuci.

6. Jangan menjemur dibawah sinar matahari langsung, jemurlah di tempat yang teduh.

Selain itu, terdapat perbedaan pencucian antara batik tulis maupun batik printing. Batik tulis tidak boleh dicuci menggunakan sembarang deterjen dan mesin cuci. Sebaiknya cuci dengan tangan dan gunakan deterjen yang tidak akan merusak warna.

Sedangkan pencucian batik printing jauh lebih mudah. Batik ini dapat dicuci dengan tangan maupun mesin cuci. Untuk antisipasi, tetap pisahkan tempat saat menyuci batik ini. Apabila batik printing terbuat dari pewarna yang tidak bagus, dapat melunturi pakaian lain yang berada pada 1 wadah pencucian.

(AK/L44)

Share