Lensa Manca

Taiwan: Puluhan Orang Meninggal Akibat Kecelakaan Kereta Terparah Dalam Puluhan Tahun

Kereta dengan delapan gerbong itu dilaporkan menabrak kendaraan kontruksi yang tergelincir masuk jalur rel di mulut terowongan.

Para petugas penyelamat menyisir gerbong di dalam terowongan untuk mencari korban selamat, sebagian memecah kaca jendela dan keluar.

Pusat Operasi Bantuan Darurat Taiwan mengungkapkan tim penyelamat bersusah payah untuk mencapai empat gerbong di dalam terowongan itu yang “rusak berat.”

Kereta tersebut melayani rute ibu kota Taipei menuju Taitung dan banyak orang yang melakukan perjalanan karena libur panjang akhir pekan.

Banyak orang yang berdiri karena kereta itu begitu penuh.

Kereta itu adalah salah satu yang tercepat dalam jaringan kereta Taiwan dan secara umum dianggap aman. Kecepatan maksimal bisa sampai 130 km per jam.

Foto bagian luar terowongan. REUTERS

Kecelakaan pada Jumat (02/04) itu adalah kecelakaan kereta terparah di Taiwan selama puluhan tahun.

Presiden Tsai Ing-wen mengirimkan pesan duka kepada para keluarga korban dan memerintahkan penyelidikan.

Laporan terakhir dari badan pemadam kebakaran setempat menyebutkan 490 orang berada di kereta dengan korban 48 meninggal dan sekitar 66 terluka.

Gambar yang beredar secara daring menunjukkan para penumpang kereta berjalan menyelamatkan diri dari terowongan dengan barang-barang bawaan.

“Rasanya seperti ada guncangan hebat yang tiba-tiba dan tiba-tiba saya jatuh,” kata seorang perempuan yang tidak disebutkan namanya kepada media¬†UDN Taiwan. “Kami pecahkan kaca jendela agar bisa memanjat ke atap kereta supaya bisa keluar.”

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *