Lensa Jogja

Sulih Pulih Luwih Melalui Gelaran Bakpia Day 2022

Pemerintah kota Yogyakarta melalui Kemantren Ngampilan, menggelar event Bakpia Day 2022. Kegiatan tersebut, guna meningkatkan perekonomian warga dan sektor pariwisata khususnya di wilayah sentra bakpia pathuk.

Bakpia Day merupakan agenda tahunan yang diusung oleh Kemantren Ngampilan, yang bertujuan untuk memperkenalkan keberadaan kampung pusat oleh-oleh khas Kota Yogyakarta, sebagai cikal bakal terciptanya bakpia.

Saat ini, produsen atau UMKM kuliner bakpia telah berkembang pesat kurang lebih sebanyak 200 merek. Sementara itu, kampung wisata kuliner Bakpia Pathuk Ngampilan, sempat mengalami krisis ekonomi selama masa pandemi Covid 19.

Oleh karenannya, arak-arakan gunungan bakpia ini merupakan wujud simbolis rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena keadaan ekonomi sudah berangsur membaik.

“Dua ratus pengusaha itu merasa down betul sehingga kemarin ada kata-kata yang disampaikan pemerintah. Sulih, Luwih dan Pulih. Kita berharap mereka nanti setelah luwih dari apa yang diusahakan saat ini, mereka bisa menabung dari rasa syukur kegiatan Bakpia Day ini. Sehingga nantinya Bakpia Day kedepan tetap bisa dilaksanakan, ” ujar Kusmantoro, selaku ketua panitia.

Pada gelaran Bakpia Day ini, terdapat empat gunungan bakpia yang terdiri dari gunungan lanang, gunungan wadhon, serta dua gunungan anak atau pendamping.

Gunungan tersebut lalu diarak mengelilingi Kemantren Ngampilan oleh peserta kirab budaya yang antusias ditandai dengan keunikan kostum yang dikenakan.

Bakpia sendiri merupakan makanan tradisional berbentuk bulat pipih hasil dari akulturasi budaya Jawa dan budaya Tionghoa dengan isian kacang hijau dan gula di dalamnya.

Kini bakpia dikenal sebagai makanan oleh-oleh khas Yogyakarta, yang berpusat di kampung Pathuk, Kemantren Ngampilan, Kota Yogyakarta.

“Kuliner khas Kota Yogyakarta, tidak saja menjadi ciri khas Kemantren Ngampilan, tapi menjadi ikon Kota Yogyakarta. Bakpia juga menjadi sumber ekonomi yang sangat berkontribusi untuk meningkatkan perekonomian. Bukan tingkat Kota Yogyakarta saja, namun secara nasional. Sehingga keberadaan sentra bakpia di Kemantren Ngampilan mempunyai andil yang luar biasa untuk meningkatkan perekonomian,” ungkap Tri Karyadi Riyanto, Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha UKM Kota Yogyakarta.

Sebagai sektor pariwisata dan kuliner, Kemantren Ngampilan telah berkontribusi dalam perkembangan ekonomi daerah.

Oleh sebab itu, dengan gelaran kirab Bakpia Day pasca pandemi covid 19 ini, harapannya sektor pariwisata dan kuliner bisa segera pulih sehingga bisa menstimulasi sektor lain juga bisa berjalan kembali. (AN/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *