SGPC Bu Wiryo, Nasi Pecel Legendaris Yogyakarta

Yogyakarta meski dikenal sebagai kota Gudeg, tapi bukan berarti tidak ada makanan khas daerah lain di kota ini. Menyandang sebutan kota pelajar dan wisata, Jogja seolah menghimpun seluruh makanan terbaik dari setiap provinsi di Indonesia, salah satunya adalah nasi pecel, yang biasa ditemui di Jawa Timur.

Di Jogja juga ada nasi pecel dengan khasnya sendiri, yakni nasi pecel Bu Wiryo atau dikenal dengan SGPC. SGPC sendiri, sebenarnya adalah kependekan sego pecel atau nasi pecel dalam bahasa Indonesia.

SGPC Bu Wiryo sudah berdiri sejak tahun 1959 dan berlokasi awal di kawasan UGM. Namun, pada akhir tahun 1994, warung makan ini terpaksa berpindah ke kawasan Klebengan, Selokan Mataram,  dikarenakan adanya peraturan kebijakan penertiban pedagang kaki lima di kawasan tersebut.

Sego pecel di warung ini selalu ramai pembeli, karena memang memiliki daya tarik tersendiri. Bumbu kacangnya yang ditumbuk kasar dengan rasa manis sedikit pedas khas lidah orang Yogyakarta, tentu menambah cita rasanya yang lezat. Hidangan ini dapat dinikmati hanya Rp25.000 saja dan buka setiap hari mulai pukul 07.30 WIB.

Selain pecel, adapun menu lain yang bisa dinikmati dan tidak kalah lezatnya, yaitu nasi sop bayam yang gurih plus gorengan dan sate-satean khas angkringan. Di warung SGPC Bu Wiryo ini, selain dimanjakan dengan rasa makanan yang lezat, pengunjung juga akan dimanjakan dengan live music dan tarian khas Jawa, yang siap menemani dan menghibur para penikmat pecel. Perpaduan suasana yang ada di warung SGPC Bu Wiryo ini, dijamin bikin kangen! (AN/L44)

Share