Lensa Jogja

RUMIJO, Rumah Inspirasi Anti Sampah Ala Jogja

Mengisi waktu selama belajar dari rumah, tak ada salahnya sembari menambah ilmu pengetahuan tentang pengolaan alam. Seperti yang dipraktekkan oleh Rumijo, Rumah Inspirasi Jogja di Dusun Gesik, Kasongan, Kasihan, Bantul ini.

Meski berada di pinggir perkampungan, rumah alam ini tak pernah sepi dari pengunjung yang ingin belajar meminimalisir sampah rumah tangga. Salah satunya dengan membuat lilin dari bahan minyak goreng bekas.

Dikemas dengan cara menyenangkan, peserta pelatihan yang terrdiri dari guru dan siswa terlihat menikmati setiap detail langkah-langkah mengolah limbah. Cara ini setidaknya mampu menjadi alternatif liburan di tengah pandemic sembari menambah ilmu tentang pentingnya menjaga kesehatan lingkungan.

Sudah menjadi komitmen Rumah Inspirasi Jogja dalam mengedukasi dan menggerakkan masyarakat untuk meminimalisir dan mengolah sampah demi menyelamatkan lingkungan dan meningkatkan perekonomian.

Berawal dari keprihatinan atas banyaknya orang yang masih suka membuang sampaj sembarangan, Josh Handani dan istri membangun Rumah Inspirasi Jogja. Josh awalnya mengampanyekan istilah “Jabusamsem” alias jangan buang sampah sembarangan. Melalui kreativitasnya lah beragam karya dan produk hasil pengolaan sampah berhasil tercipta. (Jkp/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *