HeadlineLensa Jogja

Realisasi Rendah, Lansia Di Yogyakarta Diminta Segera Daftar Vaksinasi

Meski vaksinasi masih terus berjalan, lansia yang terdaftar sebagai penerima vaksin di kota Yogyakarta masih jauh dari target yang telah ditentukan di awal program vaksinasi. Untuk itu Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta mengimbau kepada seluruh warga kota Yogyakarta untuk berpartisipasi aktif membantu lansia dalam mendaftar vaksinasi sehingga dapat segera melindungi kelompok usia yang dianggap rentan ini dari paparan virus Corona. (10/3/2021)

Vaksinasi Covid-19 tahap kedua mulai berjalan pada pekan lalu dengan sasaran sebanyak 46 ribu lansia di kota Yogyakarta. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan kota Yogyakarta pada 8 Maret lalu terdapat 12 ribu entry lansia yang terdaftar dimana 2600 diantaranya menunjukkan adanya kegandaan data.

Hingga saat ini baru 9 ribu orang lansia di kota Yogyakarta yang telah terdaftar untuk mengikuti program vaksinasi nasional dalam rangka menurunkan angka penularan Covid-19. Syarat utama untuk dapat menerima vaksin ialah dengan mengisi pendaftaran secara online melalui tautan yogyakarta.kemkes.go.id sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan masing-masing sasaran penerima vaksin.

keterbatasan dalam mengakses teknologi menyebabkan jumlah pendaftar vaksinasi lansia di kota Yogyakarta belum memenuhi target yang telah ditentunkan sebelumnya.  Untuk itu Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Pengolahan Data dan Sistem Informasi Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Lana Unwanah menghimbau kepada seluruh warga Kota Yogyakarta ikut berpartisipasi aktif dan membantu lansia untuk melakukan pendaftaran vaksinasi Covid-19 sehingga lansia yang masuk ke dalam kelompok rentan dapat segera terlindungi dari paparan virus Corona.

“Bagi keluarga yang mempunyai orangtua, mertua dan keluarga lainnya yang usianya lansia, atau juga mungkin ada tetangganya yang lansia hidup sendiri, mohon agar bisa dibantu. Termasuk juga tadi kami sudah melaksanakan zoom meeting dengan wilayah dengan Kemantren dan Kelurahan agar bisa menginfokan dan memobilisasi warganya atau bahkan sampai membantu untuk bisa melakukan (pendaftaran) pada link tersebut,” kata Lana Unwanah.

Mengingat Resiko Tinggi, Lansia Diimbau Pilih Rumah Sakit untuk Vaksinasi

Pada pelaksanaan vaksinasi hari pertama baru 617 orang lansia yang telah disuntik dosis pertama vaksin Covid-19. Angka tersebut baru sekitar enam puluh persen dari total target penyuntikan yakni sebanyak 1100 sasaran setiap harinya.

Sebanyak sepuluh Rumah Sakit dan dua Rumah Sakit Ibu dan Anak di kota Yogyakarta siap melayani vaksinasi Covid-19 yang disesuaikan berdasarkan pilihan fasilitas kesehatan masing-masing lansia. Mengingat lansia termasuk kedalam kelompok rentan maka Lana Unwanah mengimbau lansia untuk melaksanakan vaksinasi di sepuluh Rumah Sakit yang disediakan untuk menjaga keamanan dan keselamatan bersama selama vaksinasi berlangsung.

“Hanya ada arahan dari Kementerian Kesehatan, walaupun arahannya tidak tertulis, bahwa untuk lansia itu sebaiknya di Rumah Sakit dengan mempertimbangkan beberapa alasan seperti kondisi lansia dan lain sebagainya, serta ketersediaan IGD yang ada dokter spesialis dan sebagainya maka Kementerian Kesehatan menyarankan agar lansia itu divaksin di Rumah Sakit,” kata Lana Unwanah.

Partisipasi masyarakat saat ini sangat dibutuhkan dalam melakukan pendaftaran vaksinasi untuk segera dapat merealisasikan satu juta penyuntikan dalam sehari sesuai arahan Presiden Republik Indonesia bahwa dengan semakin banyak masyarakat yang disuntik vaksin Covid-19 maka herd immunity dapat segera terbentuk sehingga dapat mempercepat Indonesia keluar dari belenggu pandemi Covid-19. ( Sna/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *